Bursa Eropa 16 Januari Bergerak Lemah Menantikan Pidato PM Inggris

1195

Pasar Saham di Eropa bergerak lebih rendah pada perdagangan Senin (16/01) karena investor menunggu detail lebih lanjut tentang rencana Brexit dari U.K. dan pelantikan Presiden terpilih Donald Trump di AS akhir pekan ini.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 adalah 0,71 persen lebih rendah dengan sebagian besar sektor diperdagangkan di zona merah.

Indeks FTSE berada pada 7.343,14, naik 5.33 poin atau 0,07%

Indeks DAX berada pada 11.560,18, turun -69,00 poin atau -0,59%

Indeks CAC berada pada 4.897,40, turun -25,09 poin atau -0,51%

Indeks IBEX 35 berada pada 9.427,80, turun -83,80 poin atau -0,88%

Dalam berita perusahaan, raksasa kacamata Italia Luxottica dan Essilor Perancis telah mencapai € 46000000000 ($ 49 milyar) kesepakatan merger, Reuters melaporkan. Mereka berdua di atas indeks Eropa selama awal perdagangan. Essilor naik lebih dari 14 persen dan Luxottica naik lebih dari 13 persen.

Saham perbankan dan asuransi adalah pemain terburuk pada pembukaan perdagangan Eropa, turun lebih dari 1,3 persen. Swedia SEB Bank turun lebih dari 1,5 persen menyusul berita bahwa kepala eksekutif mengundurkan diri. Beberapa bank Italia berada di bawah indeks Italia setelah DBRs lembaga pemeringkat Kanada memotong kelas negara itu menjadi BBB dari A.

Saham ritel juga turun lebih dari 1,1 persen pada Senin pagi. Pengecer Stockholm H & M melaporkan 6 persen kenaikan tahun-ke-tahun dalam penjualan, laju paling lambat sejak September lalu dan di bawah ekspektasi, Reuters melaporkan. Sahamnya turun lebih dari 3 persen.

Pound jatuh ke level terendah tiga bulan selama perdagangan Asia pada Senin karena investor khawatir bahwa Perdana Menteri Theresa May mungkin menguraikan rencana untuk “Hard Brexit” selama pidato yang dijadwalkan Selasa. Selama akhir pekan, menteri keuangan U.K. Phillip Hammond mengatakan kepada surat kabar Jerman bahwa jika Inggris tidak menjaga akses ke pasar tunggal Uni Eropa, London akan mengejar “model ekonomi” baru.

Pada kalender Senin adalah rilis data neraca perdagangan zona Eropa dan awal Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss.

Pasar AS ditutup karena liburan Martin Luther King.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif dengan data neraca perdagangan positif. Indeks juga akan mencermati harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here