Bursa Eropa Akhir Pekan Naik Tinggi; Indeks FTSE Mingguan Naik 1 Persen

446

Pasar Eropa ditutup lebih tinggi pada hari akhir perdagangan akhir pekan Jumat malam (13/01) karena investor mencerna laporan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan

Indeks Pan-Eropa Euro Stoxx 600 berakhir 0,95 persen lebih tinggi dengan semua sektor dan paling bursa perdagangan di wilayah positif. The U.K. FTSE 100 ditutup naik 0,56 persen dan membentang memecahkan rekor lari ke hari perdagangan berturut-turut kedua belas .

Indeks FTSE berakhir pada 7.337,81, naik 45,44 poin atau 0,62%. Untuk pekan ini indeks naik 1,17 persen.

Indeks DAX berakhir pada 11.629,18, naik 108,14 poin atau 0,94%. Untuk minggu ini indeks masih positif 0,26 persen.

Indeks CAC berakhir pada 4.922,49, datar 0%. Untuk minggu ini indeks masih positif 0,26 persen.

Indeks IBEX 35 berakhir pada 9.511,60, naik 104,20 poin atau 1,11% . Untuk minggu ini indeks turun tipis -0,05 persen.

Sektor otomotif ditutup lebih tinggi meskipun berita investigasi baru yang potensial untuk beberapa di industri. Saham Renault berakhir turun lebih dari 2,89 persen setelah menegaskan bahwa jaksa Prancis sedang menyelidiki perusahaan atas emisi diesel. Saham Fiat-Chrysler naik lebih dari 4,61 persen pada Jumat setelah penurunan tajam di sesi sebelumnya. Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA) menuduh produsen mobil ilegal menggunakan software tersembunyi untuk memungkinkan emisi diesel berlebih pada Kamis tetapi CEO Sergio Marchionne mengatakan berita tersebut tidak akan mempengaruhi target keuangan perusahaan, menurut laporan di Italia.

Sektor Sumber daya dasar berakhir lebih tinggi setelah membuka di wilayah negatif pada data baru yang menunjukkan ekspor Tiongkok turun pada bulan Desember. Impor naik 3,1 persen pada permintaan untuk komoditas tapi ini turun dari pertumbuhan 6,7 persen di bulan November.

Saham perbankan juga lebih tinggi karena investor memandang AS untuk data pendapatan. Bank of America yang melaporkan laba kuartalan lebih baik dari perkiraan, tetapi pendapatan turun, Reuters melaporkan. JPMorgan Chase melaporkan rekor pendapatan angka kuartal keempat tinggi sementara Wells Fargo kecewa sedikit dan membukukan penurunan laba.

Saham Ubi Banca ditutup naik lebih dari 9,5 persen pada hari Jumat setelah investor menyetujui peningkatan modal dan penawaran tawaran bernilai simbolis € 1 untuk membeli tiga lebih kecil bank Italia.

Saham Technicolor anjlok, menutup lebih dari 19,6 persen lebih rendah, setelah menyajikan keuntungan lebih buruk dari perkiraan Prancis multinasional untuk 2016.

Di tempat lain, harga minyak jatuh pada Jumat setelah keraguan terus-menerus tentang tingkat pengurangan produksi OPEC. Sentimen berbalik lemah dengan berita Tiongkok, konsumen minyak terbesar kedua di dunia, melaporkan penurunan tajam dalam ekspor minyak secara keseluruhan dalam 7 tahun, meningkatkan kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi.

Minyak mentah Brent diperdagangkan di sekitar $ 55,63 per barel pada hari Jumat tak lama setelah penutupan Eropa, turun 0,71 persen, sementara minyak mentah AS adalah sekitar $ 52,53 per barel, turun 0,92 persen.

Malam nanti akan dirilis data neraca perdagangan November Zona Eropa yang diindikasikan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif dengan data neraca perdagangan positif. Indeks juga akan mencermati bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here