Harga Produsen AS Akhir Tahun Sesuai Perkiraan

401

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, Indeks Harga Produsen (PPI) meningkat 0,3% pada bulan Desember secara musiman disesuaikan. Angka ini sejalan dengan ekspektasi analis, menurut Thomson Reuters. Ini adalah tingkat pertumbuhan sedikit lebih rendah dibandingkan dengan kenaikan 0,4% pada bulan November.

Tidak termasuk item volatile, pangan dan energi, indeks PPI naik 0,2%, mengatasi 0,1% yang diharapkan, tetapi lebih rendah dari pembacaan 0,4% pada bulan November.

Melihat data dari tahun sebelumnya, indeks inflasi telah meningkat 1,6%, sesuai dengan harapan dan lebih tinggi dari 1,3% yang dilaporkan pada bulan November. Termasuk makanan dan energi, PPI naik 1,6% YoY, lebih tinggi dari 1,5% YoY diharapkan dan sejalan dengan pembacaan bulan sebelumnya.

Harga untuk barang permintaan akhir naik tajam sebesar 0,7% pada Desember, tertinggi sejak naik dengan jumlah yang sama pada bulan Juni. Kontributor yang signifikan adalah energi, yang naik 2,6%.

Jasa hanya naik 0,1% pada bulan Desember, lebih lambat dari kenaikan 0,5% pada bulan November. Kontribusi terbesar berasal dari harga broker sekuritas, dealing, penasihat investasi, dan layanan terkait, yang secara total naik 4,4%.

Kecenderungan umum untuk harga dua tahun terakhir telah lebih tinggi, dengan harga barang untuk semua peningkatan, sedangkan perubahan harga dari layanan tetap datar.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here