Optimisme Konsumen AS Awal Tahun 2017 Turun Tipis, Ekspektasi Untuk Pemerintahan Trump Meningkat

395
Vibizmedia Photo

Indeks kepercayaan konsumen University of Michigan melemah ke 98,1 pada pembacaan Januari sementara dari 98,2 pada bulan Desember dan sedikit di bawah perkiraan konsensus 98,5.

Komponen kondisi saat ini menguat ke 112,5 dari 111,9 sebelumnya untuk memberikan peningkatan tahunan 5,7% dan ini merupakan level tertinggi sejak 2004, sementara komponen harapan mundur ke 88,9 dari 89,5 dengan keuntungan tahunan 7,5%.

Fitur utama dari survei adalah perbedaan lebih lanjut dalam harapan untuk tingkat ekstrim dan peningkatan keberpihakan dalam survei sejak pemilu November. Bagi mereka yang memiliki pandangan positif untuk pemerintahan baru, indeks ekspektasi diperkuat untuk 108,9, sedangkan kepercayaan pada orang-orang yang memiliki pandangan negatif dari kebijakan menurun tajam ke 66,2.

Indeks ekspektasi inflasi 1-tahun naik menjadi 2,6% dari 2,2% sebelumnya dengan harapan 5 tahun sebesar 2,5% dari 2,3%.

Ekspektasi inflasi juga akan menjadi fokus yang signifikan selama beberapa bulan ke depan, terutama karena tren akan memiliki implikasi penting bagi kebijakan Fed. The Fed melihat harapan sebagai memiliki dampak penting pada inflasi dan akan ada kemauan besar untuk mengetatkan kebijakan moneter lebih lanjut jika ekspektasi inflasi menguat secara signifikan.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here