Pasar Tunggu Hari Pelantikan Trump Dan Naiknya Permintaan Tiongkok Di Minggu Imlek

312

Emas naik pada hari Senin, didukung oleh permintaan safe-haven karena ketidakpastian atas kebijakan AS menjelang pelantikan Presiden terpilih Donald Trump dan di tengah kekhawatiran atas dampak lanjutan dari keluar Inggris dari Uni Eropa.

Spot emas naik 0,5 persen menjadi $ 1,203.10 per ounce oleh 0243 GMT. Harga emas di bursa berjangka AS naik 0,6 persen pada $ 1,203.60 per ounce.

Untuk minggu ini, pasar juga sedang berharap akan kenaikan permintaan dari Tiongkok menjelang Tahun Baru Cina karena Tahun Baru Imlek jatuh pada akhir bulan ini.

Harga emas diperkirakan akan menguji ulang ke harga $ 1,205- $ 1.207 lagi dan akan menuju $ 1.220 sebagai level berikutnya.

Harga emas di pasar spot menghadapi resistance kuat di $ 1,205- $ 1,210 per ounce dan mungkin akan tertekan kembali menuju support di $ 1.172.

Semua mata akan tertuju pada pelantikan Donald Trump pada Jumat dan berharap aka nada kejelasan tentang rencana ekonominya. Untuk saat ini investor beralih ke emas sebagai investasi yang disebut safe haven di masa ketidakpastian ekonomi.

Kampanye Trump yang menekankan akan adanya pemotongan pajak dan meningkatkan belanja infrastruktur yang lebih telah mendorong menguatnya bursa saham AS dan nilai tukar dolar, serta memicu aksi lepas obligasi, namun pernyataan proteksionis dan sebuah kebingungan akan arah kebijakan ekonomi telah membuat banyak investor menaikkan perhitungan tingkat risiko.

Hedge fund dan manajer pengelola perdagangan mata uang asing dalam seminggu sampai tanggal 10 Januari kemarin mengangkat posisi net long mereka di kontrak emas COMEX untuk pertama kalinya dalam sembilan minggu, demikian laporan yang dikeluarkan AS Commodity Futures Trading Commission (CFTC) pada hari Jumat.

Inflasi pada produksi industri dan perumahan mendominasi seminggu yang pendek di Amerika Serikat. Laporan yang diperkirakan akan menunjukkan ekonomi berakhir 2016 dengan momentum yang kuat.

Pidato Ketua Fed Janet Yellen akan mengenai kebijakan moneter akan ditunggu lagi pada hari Rabu dan Kamis pekan ini.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS. Spot perak naik 0,3 persen menjadi $ 16,84 per ounce. Harga platinum bertengger di $ 983,85, sementara paladium turun 0,4 persen menjadi $ 746,47.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here