Penjualan Ritel Akhir Tahun AS Meningkat

480

Penjualan ritel AS naik 0,6% pada bulan Desember, yang sesuai dengan harapan dan diikuti peningkatan revisi 0,2% untuk November. Peningkatan penjualan dari tahun ke tahun meningkat menjadi 4,1% dari 3,9% sebelumnya.

Mendasari penjualan, termasuk mobil, naik 0,2% untuk bulanan, yang lebih lemah dari keuntungan yang diharapkan sebesar 0,5% dan diikuti kenaikan 0,3% bulan sebelumnya. Pertumbuhan Inti penjualan tahunan melambat ke 3,4% dari 3,9%.

united-states-retail-sales

Kelompok kontrol naik 0,2%, yang juga lebih lemah dari keuntungan yang diharapkan 0,4% dan diikuti kenaikan 0,1% sebelumnya.

Penjualan mobil yang kuat untuk bulanan dengan keuntungan 2,4% untuk memberikan peningkatan tahunan 6,8% dari 3,7% bulan sebelumnya.

Ada juga dampak yang signifikan dari harga bensin yang lebih tinggi dengan penjualan naik 2,0% pada bulanan untuk peningkatan tahunan 6,2%.

Pelemahan terjadi untuk penjualan departemen dengan penurunan bulanan 0,6% memberi 8,4%, penurunan tahunan penjualan keseluruhan di toko-toko barang umum masih lemah. Sebaliknya, ada pertumbuhan yang kuat lebih lanjut dalam toko non pengecer.

Terjadi penurunan dalam penjualan tempat makanan dan minuman 0,8% pada bulanan dengan pertumbuhan tahunan melambat ke 2,8% dari 5,6% sebelumnya. Mengingat bahwa penjualan ini merupakan elemen penting dari pengeluaran diskresioner akan ada beberapa kekhawatiran atas prospek yang mendasari, terutama jika tren ini dipertahankan selama 2-3 bulan ke depan.

Data keseluruhan masih menunjukkan belanja yang mantap dalam perekonomian, tetapi ada juga mungkin beberapa kekhawatiran bahwa pengeluaran untuk otomotif akan mundur awal tahun 2017, yang bisa melemahkan penjualan yang lebih luas. Tidak ada implikasi langsung untuk kebijakan moneter dari data dengan Fed menunggu bukti lebih lanjut sebelum mempertimbangkan tindakan lebih lanjut pada tingkat suku bunga.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang
Image : Vibizmedia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here