Theresa May Sinyalkan Hard Brexit Untuk Inggris Raya

613

Inggris Raya kemungkinan akan keluar dari pasar tunggal Uni Eropa untuk perdagangan barang dan jasa dan mencari hubungan perdagangan yang benar-benar baru dengan blok Eropa, demikian kemungkinan Perdana Menteri Theresa Mei akan nyatakan pada Selasa, saat ia menetapkan rencananya untuk Brexit.

May akan memberikan pidato di London untuk secara eksplisit mengatakan ia mengharapkan Inggris untuk meninggalkan pasar tunggal dan merombak link untuk serikat pabean, menurut orang yang akrab dengan masalah . Dia tidak memiliki kepentingan dalam keanggotaan “parsial” atau “asosiasi” dari Uni Eropa atau “sesuatu yang membuat kita setengah masuk, setengah kaluar,” menurut intisari berita yang dirilis oleh kantornya.

Meninggalkan pasar tunggal untuk sektor jasa akan menjadi kekecewaan bagi bank, yang mungkin mulai memindahkan pekerjaan dan operasi dari London untuk memastikan akses terus ke 27 anggota negara Uni Eropa lainnya. Hal ini juga akan meningkatkan tekanan pada May untuk mengamankan masa transisi setelah Brexit sehingga mereka dan perusahaan mengekspor barang-barang dapat menyesuaikan.

Setelah berbulan-bulan tekanan untuk memberikan cetak biru rinci untuk Brexit, kantor perdana menteri akan menyampaikan pidato Selasa sebagai rencana untuk negosiasi hingga penyelesaiannya.

May sejauh ini telah mencoba untuk mengatakan sesedikit mungkin tentang strateginya, dengan alasan bahwa mengungkapkan arah negosiasi sebelum perundingan dimulai akan mengikat tangannya. Hal ini juga akan membuka dirinya terhadap kritik baik di muka, untuk mencari jarak terlalu banyak atau terlalu sedikit, dan setelah itu ia gagal untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.

Tapi keengganan ini telah menciptakan masalah sendiri. Pada hari Senin, para pedagang menyatakan frustrasi bahwa Downing Street bahkan tidak akan mengungkapkan apapun saat perdana menteri akan menyampaikan pidatonya. Volatilitas Pound naik ke level tertinggi sejak Agustus.

Pound telah jatuh ke level terendah sejak kecelakaan cepat pada bulan Oktober pada laporan pada akhir pekan yang bertujuan untuk pemisahan penuh dari Uni Eropa. Pejabat pemerintah berencana untuk menghubungi bank di London setelah pidato hari Selasa untuk memberikan jaminan dan berusaha untuk menenangkan pasar.

Perdana menteri juga akan mendapat tekanan dari oposisi Partai Buruh, yang telah menuntut rincian jenis Brexit yang dia ingin berikan. Sementara May akan menghindari pertanyaan langsung dari anggota parlemen dengan tidak memberikan pidatonya di parlemen, dia atau salah satu dari menteri nya kemungkinan akan dipanggil ke House of Commons untuk menjelaskan dan mempertahankan rencana.

Pada Senin malam, kantor May mengatakan bahwa May akan mengumumkan 12 tujuan utama untuk negosiasi, yang mungkin mencakup mendapatkan kontrol penuh atas imigrasi, memulihkan kekuasaan atas pembuatan hukum kepada Parlemen Inggris, dan mengakhiri yurisdiksi Pengadilan Eropa atas undang-undang Inggris .

Sementara dia akan mengharapkan Inggris untuk meninggalkan pasar tunggal, May akan kurang definitif menjelaskan tentang serikat pabean Eropa setelah Brexit, menunjukkan model hibrida, sebagian masuk, sebagian keluar mungkin menjadi pilihan terbaik, menurut orang yang akrab dengan masalah. Menteri telah menyarankan sebelumnya keanggotaan U.K. tentang pengaturan perdagangan bisa menjadi parsial, yang melibatkan penawaran secara sektor-by-sektor.

Sebagai anggota penuh serikat pabean Uni Eropa, Inggris secara hukum tidak dapat mengadakan perjanjian perdagangan bebas sendiri dengan negara-negara lain. Sementara rincian May rencana tidak akan diuraikan secara penuh, arahnya akan jelas: menuju kesepakatan yang memungkinkan Inggris Raya untuk berdagang secara bebas dengan negara-negara di seluruh dunia.

“Saya ingin kita menjadikan Inggris benar-benar global – teman terbaik dan sesama mitra Eropa kami, tapi sebuah negara yang diluar perbatasan Eropa juga,” dia berkata. “Saya ingin Inggris menjadi apa yang potensi dan ambisi untuk menjadi:.Besar, pedagangan negara secara global yang yang dihormati di seluruh dunia dan kuat, percaya diri dan bersatu di dalam negeri”

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here