Bursa Shanghai 18 Januari Ditutup Naik Terdukung Peningkatan Laba Industri Besar

424
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (18/01), indeks Shanghai berakhir naik 0,1 persen menjadi 3,113.01. Bursa Shanghai naik karena beberapa kelas berat industri memperkirakan keuntungan tajam lebih tinggi untuk 2016, tapi saham kapital kecil terhuyung mendekati level terendah 16-bulan.

Blue-chip Baosteel naik 2,3 persen setelah penutupan mengatakan pada hari Selasa bahwa laba bersih 2016 diperkirakan akan melonjak sekitar 770 persen dari tahun sebelumnya.

Baosteel dan perusahaan siklus lain yang terlibat dalam produksi bahan bangunan telah diuntungkan dari pengeluaran lebih tinggi pemerintah pada proyek-proyek infrastruktur dan rally pasar perumahan, yang telah memicu lonjakan konstruksi.

Meningkatnya hasil aktivitas mungkin membantu perekonomian Tiongkok tumbuh dengan stabil 6,7 persen pada kuartal keempat dari tahun sebelumnya, menurut jajak pendapat Reuters. Data PDB akan dirilis pada hari Jumat.

Saham Baosteel ini telah naik lebih dari 25 persen dalam tiga bulan terakhir.

Tapi saham yang lebih kecil masih di bawah tekanan. Papan start-up ChiNext turun 1,2 persen karena banyak investor perkirakan rebound pada hari Selasa untuk berumur pendek. Indeks telah jatuh hampir 6 persen tahun ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak naik dengan positifnya ekonomi Tiongkok, namun cenderung datar menjelang libur tahun baru Imlek.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here