Saham SSMS Bergerak Kuat Meski Bisnis Sedang Menurun

509

Pergerakan saham PT. Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) yang awal pekan mencapai posisi tertinggi dalam 3 bulan sejak bulan Oktober 2016, berusaha dipangkas di hari kedua (17/1). Dan masuki perdagangan sesi pertama hari ketiga pekan ini (18/1) saham SSMS kembali bergerak positif oleh dukungan modal asing pasca kenaikan harga CPO di bursa internasional.

Meskipun kinerja keuangan perseroan hingga kuartal ketiga yang baru dilaporkan menurun dari periode sama tahun 2015, saham SSMS tetap bergerak kuat ditopang oleh perkembangan harga CPO yang beberapa hari terakhir memberikan keuntungan. Harga CPO naik mendapat dukungan dari kenaikan harga minyak kedelai dan sawit.

Lihat: Harga CPO 17 Januari Menguat Mengikuti Kenaikan Bursa Dalian

Setelah saham yang diperdagangkan di BEI dibuka kuat ke posisi 1530,  saham SSMS  bergerak kuat ke posisi 1535  dengan jumlah saham yang diperdagangkan mencapai  71 ribu lot saham dan saham sempat mencapai posisi tertinggi di 1550.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham SSMS sebelumnya flat dengan  indikator MA  bergerak naik dengan  indikator Stochastic  turun di area jenuh beli yang dicapai 2 hari sebelumnya.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar dengan +DI yang   bergerak turun menunjukan pergerakan SSMS berpotensi stabil. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading selanjutnya pada target level support di level 1525 hingga target resistance di level 1570.

Untuk kinerja keuangan perseroan hingga kuartal ketiga lalu, laba bersih yang didapat SSMS hanya Rp285,5 miliar sedangkan tahun sebelumnya Rp389,5 miliar. Turunnya laba ini ditekan oleh turunnya pendapatan menjadi Rp1,73 triliun sedangkan tahun 2015 periode sama Rp1,76 triliun.

Lens Hue/VMN/VB/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here