Bursa Eropa 19 Januari Bergerak Lemah Menantikan Pidato Presiden ECB

499

Pasar saham Eropa bergerak lebih tinggi pada perdagangan hari Kamis (19/01) karena investor mencerna komentar dari Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen dan menunggu pidato Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi.

Indeks Pan-Eropa Euro Stoxx 600 adalah 0,08 persen lebih tinggi.

Indeks FTSE berada pada 7.208,06, turun -39,55 poin atau -0,55%

Indeks DAX berada pada 11.596,35, turun -3,04 poin atau -0,03%

Indeks CAC berada pada 4.844,63, turun -8,77 poin atau -0,18%

Indeks IBEX 35 berada pada 9.346,80, turun -39,40 poin atau -0,42%

Saham perbankan memimpin kenaikan pada perdagangan Kamis pagi. Italia Ubi Banca naik sekitar 4 persen setelah menandatangani kesepakatan untuk membeli tiga bank Italia yang lebih kecil.

Saham Media turun sebesar 0,5 persen pada awal perdagangan. Pearson, penerbit UK, lebih rendah pada hari Kamis setelah merosot sebanyak 28 persen pada Rabu setelah peringatan laba.

Di Perancis, Safran membuat tawaran tunai $ 9 miliar untuk produsen kursi pesawat Zodiac Aerospace, membuka jalan untuk membuat pemasok kedirgantaraan terbesar ketiga, Reuters melaporkan. Zodiak berada di atas indeks Eropa, naik lebih dari 22 persen.

Ahold Delhaize, kelompok ritel makanan internasional, melaporkan peningkatan penjualan kuartal keempat dari 54,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sahamnya naik hampir 4 persen pada awal perdagangan.

Royal Mail, di sisi lain, berada di bawah indeks Eropa, turun lebih dari 4,5 persen. Dikatakan Kamis bahwa periode Natal kuat membantu bisnis tetapi volume dalam sembilan bulan pertama 2016 turun lebih dari 6 persen.

Saham Ericsson turun lebih dari 1,3 persen setelah Goldman Sachs menurunkan peringkat saham untuk menjual.

Jaringan supermarket Perancis Carrefour melaporkan Kamis peningkatan penjualan sebesar 3,9 persen pada kuartal terakhir, mengalahkan ekspektasi analis. Sahamnya bergerak sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan.

Namun fokus adalah pada Bank Sentral Eropa. Analis memperkirakan tidak ada perubahan apapun untuk kebijakan moneter ECB untuk sekarang tapi akan mencari rincian bagaimana yang dapat berubah sepanjang tahun.

Sementara itu, sejumlah bank berbasis Inggris, termasuk Lloyds dan HSBC, mengatakan mereka bisa membuka anak perusahaan di negara-negara Eropa lainnya dan mentransfer staf saat Inggris bersiap untuk meninggalkan Uni Eropa.

Fokus pasar lain Kamis ini berada di AS sebagai Presiden terpilih Trump mempersiapkan untuk dilantik pada hari Jumat. Donald Trump akan berbicara pada acara pre-peresmian hari Kamis ini.

Malam nanti akan dirilis keputusan suku bunga Zona Eropa yang diindikasikan tetap.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati keputusan suku bunga zona Eropa. Indeks juga akan mencermati bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here