Inflasi Akhir Tahun Zona Eropa Naik, Masih Jauh Dari Target ECB

471

Pembacaan akhir untuk inflasi zona Eropa Desember sejalan dengan perkiraan awal dirilis pada awal Januari dan juga sejalan dengan perkiraan konsensus.

Harga konsumen naik 0,5% pada bulanan dengan tingkat inflasi tahunan naik menjadi 1,1% dari 0,6% sebelumnya dan dibandingkan dengan tingkat 0,2% pada bulan Desember 2015. Ini adalah tingkat inflasi tahunan tertinggi sejak Oktober 2013.

euro-area-inflation-cpi

Mendasari harga naik 0,4% di bulanan dengan tingkat tahunan inti meningkat menjadi 0,9% dari 0,8%, tidak berubah dari membaca di Desember 2015.

Harga energi naik 2,6% di sepanjang tahun, sedangkan kenaikan harga barang non-energi tetap lemah pada 0,3% dari 0,5% tahun lalu.

Terjadi peningkatan dalam tingkat inflasi sektor jasa untuk 1,3% dari 1,1% sebelumnya dan dari 1,1% pada Desember 2015.

Akan ada dampak lebih lanjut yang sangat signifikan dari efek dasar dalam jangka pendek dengan harga konsumen menurun 1,4% pada bulan Januari 2016. Meskipun harga akan jatuh pada bulan Januari dengan alasan musiman, ada kemungkinan menjadi langkah signifikan lebih tinggi di tingkat inflasi tahunan, berpotensi di atas 1,5%.

Masih belum ada peningkatan yang signifikan dalam inflasi inti. Psikologi pasar terhadap kebijakan inflasi dan ECB akan bergeser secara signifikan jika inflasi bergerak menuju area 2,0%. Komentar dari Presiden ECB Draghi akan diawasi ketat pada hari Kamis di konferensi pers reguler.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here