Jumlah Pekerjaan Akhir Tahun Australia Meningkat, Pengangguran Juga Naik

576

Pekerjaan di Australia naik untuk bulan ketiga berturut-turut pada bulan Desember, menawarkan bukti lebih lanjut bahwa pasar tenaga kerja membaik setelah sebagian besar loyo pada tahun 2016.

Dalam hal penyesuaian musiman, pengusaha menambahkan 13.500 pekerja bulan lalu, menyusul kenaikan dari 39.100 pada bulan November, Biro Statistik Australia melaporkan Kamis (19/01). Analis dalam estimasi median memperkirakan peningkatan 10.200.

australia-employment-change

Sebanyak 11.966.800 orang dipekerjakan bulan lalu, yang merupakan kenaikan tahun-tahun 0,7%.

Pasar tenaga kerja melihat peningkatan besar dalam pekerjaan penuh waktu pada awal kuartal ketiga. Tren yang terus pada bulan Desember, dengan pekerjaan penuh waktu tumbuh berkembang oleh 9.300. Sementara itu, jumlah pekerjaan seni-waktu meningkat disesuaikan 4.200 pada bulan Desember.

Tingkat pengangguran resmi naik menjadi 5,8%, partisipasi tenaga kerja diperkuat untuk 64,7% dari 64,6%. Tingkat pengangguran sering naik ketika lebih banyak orang mencari pekerjaan.

Jam bulanan bekerja di semua pekerjaan meningkat 2,3 juta jam pada bulan Desember, data resmi menunjukkan.

Meskipun perbaikan baru-baru ini, tren di pasar tenaga kerja masih lebih kuat ke arah yang paruh waktu dan pekerjaan penuh waktu kurang. Ekonom pemerintah mencatat bahwa tren ini mulai terbentuk pada bulan Desember 2015, dan berhubungan dengan peningkatan yang nyata dalam pangsa jam kerja karyawan paruh waktu. Selama tahun lalu, pekerjaan paruh waktu meningkat menjadi sekitar 32% dari 31% dari total lapangan kerja. Pangsa pekerja paruh waktu hanya 29% sepuluh tahun yang lalu.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here