Bursa Tokyo 20 Januari Berakhir Naik; Mingguan Merosot Tertekan Penguatan Yen

555
indeks nikkei

Di akhir perdagangan bursa saham Jepang Kamis (19/01), indeks Nikkei ditutup naik naik 0,34 persen atau 65,7 poin pada 19,137.9. Kenaikan Indeks Nikkei terpicu aksi profit teking terpicu kehati-hatian investor menjelang pelantikan dan pidato Presiden terpilh AS Donald Trump.

Untuk minggu ini indeks Nikkei turun 0,8 persen, sebagian besar akibat tekanan penguatan Yen.

Saham Panasonic naik 1,26 persen, setelah mengumumkan perpanjangan kemitraan dengan Tesla.

Brewery Jepang Kirin Holdings melihat sahamnya melompat 1,28 persen, setelah surat kabar keuangan Brasil Valor Economico melaporkan bahwa Kirin akan menjual operasi bir Brasil untuk Heineken.

Takata Corp menyelam melewati batas bawah tingkat untuk hari kedua, yang berakhir 21 persen lebih rendah karena investor bergulat dengan upaya manajemen untuk merestrukturisasi pembuat kantong udara.

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka terpantau naik 20,00 poin atau 0,10 persen pada 19,180, naik dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya pada 19,160.

Malam nanti akan dilangsungkan pelantikan Presiden terplih AS Donald Trump. Diperkirakan pidato Trump setelah pelantikan memberikan dukungan bagi program kebijakan ekonominya, maka akan menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Nikkei berpotensi naik jika pelemahan Yen terealisir. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 18,621-18,154, dan kisaran Resistance 19,613-20,167.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here