Dollar AS Sesi Eropa Bergerak Mantap Jelang Pelantikan Trump

916

Pergerakan dollar AS yang sempat melemah di sesi Asia hari Jumat (20/1) rebound masuki perdagangan sesi Eropa imbas positifnya perdagangan bursa saham Eropa yang melepas kembali aset safe haven. Hijaunya bursa saham Eropa menunjukkan sikap pasar yang optimis dengan dampak pelantikan Presiden AS terpilih Donald Trump sehingga memburu dollar kembali.

Untuk penggerak pasar hari ini tidak ada dari rilis data ekonomi kawasan Amerika dan fokus pada pelantikan Presiden Donald Trump. Dari sisi rival dollar sendiri tampak sentimen penggeraknya kurang mendukung seperti rilis data retail sales Inggris, dan kenaikan harga minyak tidak mampu angkat aussie.

Selain itu pasar merespon terpilihnya Steve Mnuchin sebagai Menteri Keuangan dalam kabinet Trump yang mendukung akan kebijakan meninggikan dollar AS dengan mangangkat suku bunga Fed.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama di tengah perdagangan sesi Eropa turun ke posisi 101,38 setelah dibuka pada posisi 101.09. Perdagangan sebelumnya dollar AS di tutup lemah pada posisi 101.11.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here