Harga Kakao ICE Merosot 3 Persen Setelah Pulihnya Distribusi Pantai Gading

398

Harga kakao berjangka ICE Futures pada akhir perdagangan Jumat dinihari (20/01) ditutup anjlok. Pelemahan harga kakao terpicu pulihnya kembali kondisi keamanan di Pantai Gading sehingga aktifitas pemuatan produksi kembali normal. Pelemahan juga tertekan penguatan dollar AS.

Pemuatan kapal dilanjutkan di dua pelabuhan Pantai Gading di kota-kota Abidjan dan San Pedro pada hari Kamis, eksportir kakao mengatakan, setelah penutupan sementara sehari sebelumnya karena kerusuhan di beberapa faksi pasukan keamanan.

Kegiatan pelabuhan terganggu ketika polisi militer paramiliter melepaskan tembakan ke udara dan menutup akses ke pelabuhan di Abidjan, ibukota komersial, memaksa perusahaan untuk menutup.

Ini adalah pertama kalinya kegiatan pelabuhan di eksportir kakao top dunia telah dipengaruhi oleh gelombang dua minggu kerusuhan dalam pasukan keamanan atas bonus yang belum dibayar, dan eksportir mengatakan risiko gangguan lebih lanjut tidak bisa dikesampingkan.

Sementara itu, Dolar AS naik semalam karena data pekerjaan dan perumahan AS yang solid serta pernyataan Ketua The Fed Janet Yellen untuk kenaikan suku bunga AS lebih tinggi.

Menguatnya dolar AS membuat komoditas kakao yang berbasis dolar ini menjadi lebih mahal dalam mata uang lainnya, sehingga permintaan menurun.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga kakao berjangka kontrak Maret 2017 yang merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup turun. Harga komoditas tersebut ditutup anjlok sebesar -69 dollar atau -3,09 persen pada posisi 2.164 dollar per ton.

Malam nanti akan dilangsungkan pelantikan Presiden terplih AS Donald Trump. Diperkirakan pidato Trump setelah pelantikan memberikan dukungan bagi program kebijakan ekonominya, maka akan menguatkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kakao berjangka untuk perdagangan selanjutnya akan bergerak dalam kecenderungan melemah terbatas dengan penguatan dollar AS. Untuk perdagangan selanjutnya harga kakao berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk menembus level Support pada posisi 2.110 dollar. Jika level Support tersebut berhasil ditembus level selanjutnya adalah 2.060 dollar. Sedangkan level Resistance yang akan ditembus jika terjadi penguatan ada pada 2.210 dollar dan 2.260 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here