Indeks Hang Seng Berawal Negatif Terpicu Kehati-hatian Investor Jelang Pelantikan Trump

428
Vibizmedia Photo

Pada awal perdagangan bursa Hong Kong Jumat (20/01), indeks Hang Seng dibuka lemah, saat ini terpantau turun -148,31 poin atau -0,64 persen pada 22901.65. Pelemahan indeks Hang Seng tertekan kehati-hatian investor menjelang pelantikan dan pidato Presiden AS terpilih Donald Trump.

Pada awal perdagangan di bursa Hong Kong, sebagian besar sektor turun. Sektor perbankan, transportasi dan utilitas yang turun terbesar.

Kunlun Energy Company adalah pemain terbaik di antara 50 saham blue chips sejauh ini, dengan sahamnya naik 1,63 persen menjadi HK $ 6,24.

Cheung Kong Holdings Properti mundur setelah keuntungan sebelumnya, turun 2,3 persen menjadi HK $ 50,9, pecundang terbesar di antara semua blue chips.

Di antara penggerak lainnya, operator pengiriman berbasis di Hong Kong Orient Overseas (International) Limited jatuh 6,99 persen menjadi HK $ 41,9, setelah laporan media mengutip email internal yang diduga dari perusahaan dan mengutip CEO Andy Tung mengatakan bahwa ia tidak menyadari dari kesepakatan akuisisi.

Caixin Media yang berbasis di Beijing melaporkan pada hari Rabu bahwa saingan Orient yang lebih besar China COSCO Shipping Corp telah melakukan pembicaraan dengan perusahaan untuk akuisisi kemungkinan selama beberapa bulan. Berita itu mendorong saham Orient ini lebih tinggi sebesar 15 persen dalam dua hari terakhir untuk mencapai level tertinggi sejak 2015.

Broker daratan HTSC jatuh 1,19 persen menjadi HK $ 14,96, setelah mengungkapkan bahwa efek regulator Tiongkok yang telah meminta broker untuk memperbaiki kegiatan penjualan sebagai anak perusahaan ditemukan telah menjual produk manajemen aset pribadi melalui akun WeChat resminya.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng pagi ini terpantau turun -139,00 poin atau -0,60 persen pada 22,913.00, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 23,052.00.

Analyst Vibiz Research memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng selanjutnya akan bergerak lemah dengan kekuatiran kenaikan suku bunga AS dan penantian pelantikan Presiden terpilih AS Donald Trump. Secara teknikal Indeks Hang Seng akan bergerak dalam kisaran Support 22,455-21,976, dan kisaran Resistance 23,446-24,017.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here