Yellen : Menunda Kenaikan Suku Bunga Terlalu Lama, Mendorong Inflasi Naik Tak Terkendali

795

Ekonomi AS mendekati mandat ganda Federal Reserve kerja penuh dan stabilitas harga, sehingga perlu untuk terus mengekang pelonggaran moneter secara perlahan, demikian Ketua The Fed Janet Yellen mengatakan pada hari Kamis. dalam sambutannya yang disiapkan di Lembaga Penelitian Kebijakan Ekonomi Stanford di San Francisco.

Dia menambahkan bahwa menunggu terlalu lama untuk menaikkan suku bunga dapat menyebabkan ekspektasi inflasi naik tak terkendali, mendorong harga konsumen yang sebenarnya lebih tinggi. Kombinasi suku bunga masih rendah dan pasar tenaga kerja yang kuat juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan keuangan lain yang akan sulit untuk dikontrol.

Bank sentral AS bulan lalu menaikkan suku bunga acuan federal untuk kedua kalinya dalam satu dekade. Suku bunga saat ini ditetapkan antara 0,5% dan 0,75%. Pembuat kebijakan memperkirakan kecepatan kenaikan yang sedikit lebih cepat pada 2017.

Perkiraan Desember Fed menunjukkan tiga tingkat diantisipasi meningkat tahun ini, diikuti oleh dua atau tiga tahun 2018.

Langkah-langkah yang luas dari pertumbuhan ekonomi pekan ini mulai dari produksi industri untuk perumahan mulai menunjuk ke ekonomi domestik yang kuat pada akhir 2016.

Pelantikan Presiden Donald Trump dijadwalkan Jumat siang ET. Presiden terpilih telah membuat prioritas fiskal sejak menang pemilu pada 8 November Pelaku pasar berharap mereka akan mendapatkan sekilas dari prioritas dari Trump pada pidato pelantikan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here