Abe Terus Upayakan Kerjasama Perdagangan Dengan Trump

756

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pada hari Senin (23/01) ia percaya Presiden AS Donald Trump memahami nilai perdagangan bebas.

“Saya percaya Presiden Trump memahami pentingnya perdagangan bebas dan adil, jadi saya ingin mengejar pemahamannya tentang pentingnya strategis dan ekonomi dari pakta perdagangan TPP (Trans-Pacific Partnership),” kata Abe di hadapan majelis rendah parlemen .

Abe juga mengatakan ia ingin memperkuat aliansi keamanan AS-Jepang, berdasarkan saling percaya dengan Trump.

“Ketika kami bertemu terakhir kali, Saya percaya dia dapat dipercaya, keyakinan ini tidak berubah hari ini,” Abe menambahkan, merujuk pada pertemuan November dengan Trump.

Abe juga mengatakan Tokyo ingin menjelaskan bagaimana perusahaan-perusahaan telah memberi kontribusi pada ekonomi AS, sikap pemerintah Jepang telah diadopsi untuk mencoba untuk menangkis ancaman dari “pajak perbatasan” impor ke Amerika Serikat.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan secara terpisah bahwa Tokyo erat akan memantau dampak dari kebijakan pemerintahan baru AS pada perusahaan dan bahwa ia ingin memperdalam hubungan ekonomi antara kedua negara.

Pemerintahan baru Trump, Jumat menyatakan strategi perdagangan untuk melindungi pekerjaan Amerika akan mulai dengan penarikan dari perjanjian perdagangan 12 negara Trans-Pacific Partnership (TPP).

Kesepakatan perdagangan, yang Amerika Serikat menandatangani namun belum meratifikasi, adalah pilar poros mantan presiden Barack Obama ke Asia, dan Abe telah disebut-sebut sebagai mesin reformasi ekonomi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here