Pertumbuhan Manufaktur Januari Jerman Tertinggi 3 Tahun, Sektor Jasa Terendah 4 Bulan

567

Indeks Markit Manufaktur PMI flash Jerman diperkuat menjadi 56,5 untuk bulan Januari dari 55,6 bulan sebelumnya. Ini adalah di atas ekspektasi 55,5 dan pembacaan terkuat selama 36 bulan.

germany-manufacturing-pmi

Sebaliknya, pembacaan sektor jasa menurun menjadi 53,2 dari 54,3, di bawah ekspektasi konsensus 54,5 dan angka terendah selama empat bulan.

germany-services-pmi

Indeks produksi komposit secara keseluruhan juga mengalami penurunan ke level terendah empat bulan dari 54,7 dari 55,2 sebelumnya.

Produksi manufaktur tumbuh di laju tercepat selama hampir 3 tahun, sementara tingkat keseluruhan peningkatan pesanan mempertahankan kecepatan yang kuat terlihat pada bulan Desember. Sektor manufaktur mengatasi jasa, memperoleh dorongan penting dari permintaan luar negeri karena pesanan ekspor industri menguat ke level tertinggi sejak September 2016.

Terjadi peningkatan tekanan kapasitas di sektor manufaktur sebagai pemasok meningkat dengan jumlah terbesar selama lebih dari lima tahun. Tekanan ini diimbangi oleh penurunan backlog di sektor jasa dengan keseluruhan backlog hanya naik sedikit pada bulanan.

Ada kekuatan lebih lanjut dalam pekerjaan dengan tingkat penciptaan lapangan kerja kedua tertinggi sejak September 2011.

Harga input meningkat di laju terkuat selama lebih dari 5 tahun dengan peningkatan sangat tajam di sektor manufaktur dengan tekanan ke atas dari lemahnya Euro dan harga komoditas yang lebih tinggi.

Meskipun ada tekanan ke atas pada harga produksi, kecepatan keseluruhan meningkat sedikit berkurang dari level Desember.

Meskipun pembacaan sektor jasa sedikit lebih lemah, data keseluruhan akan menjaga kepercayaan terhadap prospek pertumbuhan. Data Harga mungkin untuk meredam kekhawatiran atas meningkatnya inflasi konsumen , yang akan memberikan beberapa jaminan kepada Bundesbank dan mengurangi tekanan untuk pengurangan pembelian obligasi ECB.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here