Pertumbuhan Manufaktur Jepang Awal Tahun Naik Tertinggi 3 Tahun

436

Aktivitas manufaktur Jepang diperluas pada bulan Januari di laju tercepat dalam hampir tiga tahun sebagai pesanan ekspor melonjak, menunjukkan bahwa permintaan luar negeri tidak selemah seperti yang beberapa ekonom dan pemimpin bisnis kuatirkan.

The Markit / Nikkei Manufacturing Purchasing Managers Index (PMI) flash Jepang naik ke 52,8 pada Januari dari final 52,4 di bulan sebelumnya.

japan-manufacturing-pmi

Indeks tetap di atas ambang 50 yang memisahkan ekspansi dari kontraksi untuk bulan ketiga berturut-turut dan menunjukkan bahwa aktivitas diperluas pada tercepat sejak Maret 2014.

“Sektor manufaktur Jepang memulai tahun baru pada pijakan yang kuat,” kata Amy Brownbill, ekonom di IHS Markit, yang mengkompilasi survei. “Kenaikan total pesanan yang baru masuk didorong sebagian oleh peningkatan tajam dalam permintaan internasional, sehingga pesanan ekspor baru naik pada tingkat tercepat dalam lebih dari satu tahun.”

Indeks awal untuk pesanan ekspor baru naik ke 53,2 dari 51,1 akhir bulan Desember, menunjukkan keuntungan tercepat dalam 14 bulan.

Indeks flash untuk pesanan baru, yang mengukur baik permintaan domestik dan eksternal, naik menjadi 54,1 dari 53,2 pada bulan sebelumnya, tertinggi dalam 13 bulan.

Beberapa ekonom menyatakan keprihatinan tentang prospek ekonomi Jepang karena ekspor bisa menderita jika Presiden AS Donald Trump mengadopsi kebijakan perdagangan proteksionis.

Indeks Flash PMI menawarkan bukti bahwa perdagangan global meningkat, yang merupakan keuntungan bagi perekonomian ekspor yang berfokus Jepang.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here