Harga Karet Tocom 25 Januari Berakhir Naik Terdukung Peningkatan Ekspor Jepang

313

Harga karet Tocom pada perdagangan sesi siang Rabu (25/01) berakhir naik. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Juni 2017 menguat terbantu peningkatan ekspor Jepang.

Ekspor Jepang naik untuk pertama kalinya dalam 15 bulan pada bulan Desember terdukung penjualan yang kuat dari elektronik dan bagian mobil, sebuah sinyal positif untuk ekonomi negara yang bergantung dengan ekspor ini bahkan saat proteksionisme AS mengancam untuk menekan perdagangan di seluruh wilayah dan permintaan eksternal.

Data Departemen Keuangan menunjukkan pada hari Rabu (25/01) bahwa ekspor naik 5,4 persen tahun-ke-tahun pada bulan Desember, dibandingkan dengan 1,2 persen peningkatan tahunan yang diperkirakan para ekonom dalam jajak pendapat Reuters. Ini diikuti penurunan tahunan 0,4 persen pada November.

Lihat : Ekspor Akhir Tahun Jepang Naik Pertama Kali Dalam 15 Bulan, Surplus Perdagangan 4 Bulan Berturut

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Juni 2017 siang ini bergerak naik sebesar 3,4 yen atau 1,2 persen pada posisi 297,20 yen per kilogram, naik dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 293,80 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya hari ini masih berpotensi menguat dengan penguatan ekspor Jepang.

Untuk sesi perdagangan selanjutnya harga diperkirakan akan menemui level Resistance di posisi 302,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 307,00 yen. Sementara itu jika harga melemah akan menemui Support di posisi 292,00  yen dan 287,00  yen.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here