Rupiah Rabu Tetap Melemah Meski Dollar Tertekan

486

Mengakhiri perdagangan valas  hari Rabu (25/1) di tanah air, rupiah masih berada di zona merah meskipun posisi dollar AS sedang tertekan kuat oleh banyak rival utamanya. Selain itu rupiah yang dibuka negatif dan bergerak turun terus hingga akhir perdagangan tidak batasi capital inflow.

Lihat: Dollar AS Sesi Eropa Ambruk Lagi Menuju Bawah Kisaran 100

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,39% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13361/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13345/US$. Untuk kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Pelemahan  rupiah sepanjang perdagangan tidak menghalangi  derasnya aliran modal investor asing  masuk bursa sehingga terbentuk net buy sebesar Rp388 miliar lebih. Dukungan kuat modal investor asing tersebut belum mampu angkat tinggi  IHSG yang  ditutup sama dengan akhir perdagangan sebelumnya.

Lihat: IHSG 25 Januari Ditutup Naik Tipis, Raih 388 Miliar Dana Asing

Untuk pergerakan kurs Rupiah esok hari, analyst Vibiz Research Center memperkirakan menguat  sekalipun  dollar AS terus melaju hingga akhir perdagangan forex  yang berakhir Kamis dini hari.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here