Yen Jepang Sesi Eropa Patahkan Kekuatan Dollar AS

557

Pemerintah Jepang hari Rabu pagi (25/1) melaporkan neraca perdagangan alami peningkatan surplus 4 bulan berturut yang disebabkan peningkatan ekspor pertama kalinya sejak terakhir naik 15 bulan lalu.  Data ini menjadi sentimen positif bagi yen yang dibuka melemah dan bergerak kuat setelah rilis data ini.

Kekuatan yen tidak bertahan lama setelah jelang akhir sesi Asia melemah kembali dan membuat pair USDJPY dengan yakin melaju kuat berusaha lanjutkan perdagangan sebelumnya. Namun tampaknya investor  enggan untuk mendorong pair lebih tinggi karena dollar AS kembali  di bawah tekanan oleh sikap proteksionis Presiden AS Donald Trump dan kurangnya rincian tentang rencana stimulus fiskal nya.

Pergerakan kurs yen sesi Eropa (18:00:35 WIB) bergerak positif terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih tinggi  pada 113.80 di  awal  perdagangan   (00.00 GMT) bergerak konsolidasi   dan kini nilai pair bergulir  pada 113.58.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam berpotensi turun terus, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya akan retreat ke kisaran  113,33-112,80. Namun jika terjadi koreksi akan naik kembali  menuju kisaran  114.00-114.63.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here