Bisnis Perusahaan Korea Selatan Februari Diproyeksikan Merosot Terendah 12 Bulan

578
Vibizmedia Photo

Indeks prospek bisnis perusahaan Korea Selatan tergelincir ke terendah 12-bulan dengan mayoritas kondisi perusahaan lokal diperkirakan lesu selama sembilan bulan berturut-turut, demikian indeks menunjukkan Kamis (26/01).

Indeks survei bisnis (BSI) untuk Februari datang ke 87,7, terendah sejak 86,3 terdaftar untuk Februari 2016, menurut Federasi Industri Korea (FKI).

Angka di bawah 100 berarti pesimis melebihi jumlah yang optimis, sementara membaca di atas benchmark berarti sebaliknya. Survei bulanan dilakukan di atas 600 bisnis negara itu.

Pembacaan untuk Februari ditandai penurunan dari 89,9 terdaftar untuk bulan ini.

Dengan pembacaan Februari datang ke rendah 12-bulan, indeks juga tetap di bawah patokan untuk sembilan bulan berturut-turut sejak 102,3 terdaftar untuk Mei 2016, menurut FKI.

Penurunan di pasar domestik diperkirakan akan diperdalam di tengah peningkatan perlambatan pengeluaran konsumen. Ada juga tetap sejumlah faktor eksternal yang negatif, seperti penyebaran proteksionisme perdagangan menyusul pelantikan pemerintahan Donald Trump di AS dan Hard Exit Inggris dari Uni Eropa.

FKI mencatat bank sentral memperkirakan belanja konsumen di negara itu telah naik 2,4 persen pada tahun 2016, sementara itu memperkirakan laju peningkatan untuk lebih lambat untuk 1,9 persen tahun ini.

Indeks mengukur sentimen perusahaan lokal terhadap ekspor mereka datang ke 95 untuk bulan mendatang, dibandingkan dengan 95,5 untuk bulan Januari. Indeks pada konsumsi domestik mengalami penurunan bahkan lebih curam 96-90,5 selama periode dikutip.

Sebuah indeks terpisah BSI pada kinerja aktual dari bisnis lokal datang ke 89,2 pada bulan Januari, tergelincir dari 91,1 pada bulan sebelumnya dan menandai tingkat terendah dalam tiga bulan sejak Oktober 2016.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here