Kuatnya Rupiah Kamis Muluskan Keuntungan Bursa Saham

831

Mengakhiri perdagangan valas  hari Kamis (26/1) di tanah air, rupiah masih nyaman di zona bullish hariannya sekalipun posisi dollar AS sedang bergerak kuat memangkas pelemahannya sejak sesi Asia. Namun laju rupiah sore ini tidak sekuat posisi awal perdagangan yang siap tinggalkan kisaran 13300.

Lihat: Pukulan Terhadap Dollar AS Mereda Masuki Sesi Eropa

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,21% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13332/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13319/US$. Untuk kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Penguatan  rupiah sepanjang perdagangan berhasil menambah  aliran modal investor asing  masuk bursa sehingga terbentuk net buy sebesar Rp229 miliar lebih. Dukungan kuat modal investor asing tersebut turun  angkat tinggi  IHSG yang ditutup lebih kuat dari akhir perdagangan sebelumnya.

Untuk pergerakan kurs Rupiah esok hari, analyst Vibiz Research Center memperkirakan menguat  oleh lemahnya fundamental dollar AS  hingga akhir perdagangan forex  yang berakhir Jumat dini hari.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here