Harga Minyak Mentah Sesi Asia Turun Tertekan Peningkatan Produksi AS

476

Harga minyak mentah turun pada perdagangan Jumat (27/01) di sesi Asia, dengan meningkatnya produksi minyak mentah dari Amerika Serikat menekan upaya OPEC dan produsen lain untuk memotong pasokan.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) minyak mentah berjangka turun 2 sen atau 0,04 persen menjadi $ 53,76 per barel.

Harga minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional untuk harga minyak, diperdagangkan pada $ 56,14 per barel, turun 10 sen atau 0,18 persen.

Para pedagang mengatakan bahwa upaya oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen lainnya termasuk Rusia untuk memangkas pasokan untuk mengurangi kelebihan bahan bakar global yang sedang diimbangi dengan peningkatan produksi di Amerika Serikat, sehingga harga kisaran ketat.

“Pelaku pasar terfokus pada dua isu: respon minyak shale untuk harga yang lebih tinggi dan kepatuhan OPEC,” kata Barclays Bank.

Bank Inggris ini mengatakan pihaknya memperkirakan harga rata-rata Brent dan WTI masing-masing $ 55 dan $ 53 untuk kuartal pertama.

OPEC dan produsen lainnya telah sepakat untuk mengurangi produksi oleh hampir 1,8 juta barel per hari (bph) untuk semester pertama 2017 untuk melawan kelebihan pasokan yang telah melihat antara 1 juta hingga 2 juta barel per hari minyak mentah yang diproduksi lebih dari konsumsi selama dua tahun terakhir.

Namun produksi minyak telah meningkat sekitar setengah juta barel per hari sejak pertengahan 2016 sebesar 8960000 bph, mengimbangi jumlah yang signifikan dari setiap pemotongan pasokan yang diatur OPEC.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga minyak mentah berpotensi lemah dengan peningkatan produksi AS dan penguatan dollar AS. Harga minyak berpotensi lemah dalam kisaran Support $ 53,30 – $ 52,80, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 54,30 – $ 54,80.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here