Pertumbuhan Ekonomi Q4 Inggris Raya Stabil

447

Pembacaan awal PDB kuartal keempat Inggris Raya mencatat pertumbuhan 0,6%, yang sedikit di atas ekspektasi 0,5%, sementara tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 2,2% juga sedikit di atas ekspektasi 2,1% dengan tiga kuartal berturut-turut ekspansi 0,6%.

Ini merupakan 16 pembacaan positif berturut-turut untuk pertumbuhan triwulanan. Untuk 2016 pertumbuhan PDB secara keseluruhan melambat menjadi 2,0% dari 2,2%.

united-kingdom-gdp-growth-annual

Sektor jasa kembali mendominasi dengan pertumbuhan 0,8% untuk kuartalan dan ekspansi tahunan 3,0%. Ada pertumbuhan yang kuat dalam penjualan eceran dan grosir dengan sektor wisata juga membuat kontribusi yang kuat.

Meskipun manufaktur memberikan kontribusi positif dengan pertumbuhan 0,7% untuk kuartal, pertumbuhan secara keseluruhan dalam produksi marjinal, terutama karena kelemahan di sektor minyak, yang dirusak oleh perawatan di bidang kunci.

Pertumbuhan sektor konstruksi naik sedikit 0,1% dengan pertumbuhan tahun-ke-tahun pada 0,8%.

Data akan menjaga kepercayaan terhadap prospek pertumbuhan jangka pendek, dan meskipun ekspektasi bahwa pertumbuhan akan melambat tahun ini, ada ruang untuk peningkatan kecil lebih dari perkiraan pertumbuhan di laporan inflasi terbaru Bank of England yang akan dirilis minggu depan. Akan ada beberapa spekulasi bahwa bank sentral bisa pindah ke pengetatan jika perkiraan inflasi juga ditingkatkan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here