Bursa Australia 30 Januari Berakhir Lemah Terganjal Kekuatiran Kebijakan Trump

443

Pada akhir perdagangan bursa Australia Senin (30/01), indeks ASX 200 ditutup turun 0,92 persen atau 54,5 poin pada 5,661.5, dengan terjadinya kerugian luas di semua sub-indeks kecuali untuk sub-indeks emas, yang naik 1,2 persen.

Pasar saham Australia telah menyerahkan keuntungan karena pasar keuangan global bereaksi hati-hati untuk perintah eksekutif Donald Trump terkait kebijakan pengungsi dan migrasi dari beberapa negara. Ini membuat investor mendukung safe havens seperti logam sebelumnya dan obligasi pemerintah mengatasi ekuitas pada awal pekan ini.

Analis mengatakan kebijakan imigrasi Trump yang mengundang kecaman dari beberapa eksekutif bisnis dan pemimpin politik, dapat meningkatkan kekhawatiran tentang kebijakan perdagangan AS yang dapat mengimbangi harapan pertumbuhan ekonomi AS yang lebih kuat berasal dari rencananya untuk stimulus fiskal.

Namun, sementara kekhawatiran tentang fokus pemerintahan Trump pada proteksionisme dan imigrasi dan kurangnya kejelasan tentang kebijakan ekonomi, analis tidak mengharapkan dampak negatif yang signifikan terhadap pasar keuangan dari perubahan kebijakan imigrasi AS

Namun, pasar global diperkirakan akan tetap gelisah sebelum pertemuan bank sentral di Inggris, Jepang dan Amerika Serikat pekan ini. Meskipun tidak ada perubahan dalam penetapan suku bunga, Komite kuat Federal Pasar Terbuka mungkin mensinyalkan bersiap-siap untuk menaikkan suku bunga lagi pada bulan Maret.

Semua bank-bank besar turun sekitar 0,5 persen hingga 1 persen lebih rendah, dengan Westpac yang paling parah karena kehilangan 1,05 persen menjadi $ 32,01. Commonwealth Bank menumpahkan 0,95 persen menjadi $ 82,19, ANZ memberikan kembali 0,74 persen menjadi $ 29,55 dan National Australia Bank turun 0,46 ke $ 30,54.

Di sektor sumber daya, tambang global BHP Billiton menurun 0,58 persen menjadi $ 27,36 dan Rio Tinto turun tipis 0,03 persen menjadi $ 67,83. Fortescue Metals mengalami penurunan tajam 2,26 persen, ke $ 6,48.

Penambang emas Newcrest melonjak 27 sen menjadi $ 21,45 setelah menegaskan kembali proyeksi produksi tahunan, meskipun produksi datar pada kuartal Desember. Saham energi yang lebih rendah karena harga minyak mereda menyusul berita bahwa pengebor minyak AS telah meningkatkan jumlah kilang.

Di tempat lain, perusahaan asuransi QBE menguat 0,16 persen menjadi $ 12,35 di tengah spekulasi pengambilalihan, meskipun perusahaan mengatakan itu tidak dalam pembicaraan dengan siapa pun. Perusahaan perangkat lunak konstruksi Aconex anjlok $ 2,55, atau 45,1 persen, ke $ 3,10 setelah perusahaan mengeluarkan peringatan keuntungan dan katering turun 5,1 persen menjadi 93 sen berita itu menghadapi class action terkait hasil keuangan 2015.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks ASX200 untuk perdagangan selanjutnya berpotensi lemah dengan kewaspadaan kebijakan ekonomi AS dan pelemahan minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here