Bursa Eropa 30 Januari Dibuka Negatif Terpicu Kekuatiran Kebijakan Imigrasi AS

467

Pasar Saham Eropa dibuka pada pijakan yang negatif dengan investor fokus pada pendapatan perusahaan dan mencerna kekhawatiran internasional atas kebijakan imigrasi Presiden AS Donald Trump.

Indeks FTSE berada pada 7.121,04, turun -63,45 poin atau -0,88%

Indeks DAX berada pada 11.740,13, turun -74,14 poin atau -0,63%

Indeks CAC berada pada 4.800,20, turun -39,78 poin atau -0,82%

Indeks IBEX 35 berada pada 9.435,20, turun -68,90 poin atau -0,72%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 adalah 0,58 persen lebih rendah dengan sebagian besar sektor bergerak turun. Saham minyak dan gas berada di antara pemain terburuk di awal perdagangan, turun lebih dari 1,3 persen. Menurut Reuters, data baru pekan lalu menunjukkan bahwa produksi minyak AS meningkat yang telah menciptakan tekanan pada harga.

Saham sumber daya dasar turun selama perdagangan awal juga. Uni Eropa telah memutuskan untuk memberlakukan bea dumping definitif impor tabung baja Tiongkok, Reuters melaporkan.

Pada saham tertentu, Allianz turun sebesar 1 persen pada awal perdagangan setelah laporan media bahwa perusahaan asuransi sedang mempertimbangkan membeli perusahaan Australia QBE.

Software AG adalah di atas benchmark Eropa setelah HSBC dan UBS meningkatkan rating perusahaan menjadi “membeli”. Saham Vodafone juga lebih tinggi setelah laporan bahwa ia sedang mempertimbangkan penggabungan lengan India dengan Idea Cellular.

Sementara itu, perusahaan energi Italia ENI turun 5 persen pada awal perdagangan tetapi dengan cepat memangkas kerugian. Pada hari Jumat, pemerintah Nigeria meminta perusahaan untuk menyerahkan kontrol dari ladang minyak karena penyelidikan akuisisi, Wall Street Journal melaporkan.

Juga di dunia usaha, Bankia mengatakan bahwa margin keuntungan menderita reaksi dari reimbursement hipotek. Sahamnya sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan.

Juga pada hari Senin, Spanyol melaporkan angka pertumbuhan yang solid pada kuartal terakhir 2016. angka produk domestik bruto awal menunjukkan peningkatan dari 0,7 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Sore nanti akan dirilis data Business dan Consumer Confidence, juga Services, Economic dan Industrial Sentiment Januari Zona Eropa yang diperkirakan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif jika data ekonomi terealisir positif. Juga akan mencermati laporan laba emiten, pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here