Bursa Eropa Akhir Pekan Mixed; Mingguan DAX dan IBEX Naik Lebih 1 Persen

538

Pasar Saham Eropa ditutup mixed pada akhir perdagangan akhir pekan Jumat malam (27/01), dengan investor mencerna pendapatan perusahaan dan fluktuasi di pasar mata uang.

Indeks FTSE berakhir pada 7.184,49, naik 23,00 poin atau 0,32%. Untuk pekan ini melemah -0,19%.

Indeks DAX berakhir pada 11.814,27, turun -34,36 poin atau -0,29%. Untuk minggu ini naik 1,58%.

Indeks CAC berakhir pada 4.839,98, turun -27,26 poin atau -0,56%. Untuk pekan ini merosot -0,22%.

Indeks IBEX 35 berakhir pada 9.504,10, turun -8,70 poin atau -0,09%. Untuk pekan ini naik 1,32%.

Indeks Pan-Eropa Euro Stoxx 600 berakhir 0,3 persen lebih rendah dengan sebagian besar sektor perdagangan di wilayah negatif.

Saham otomotif adalah pemain terburuk, turun 0,92 persen setelah pernyataan hawkish Presiden Donald Trump pada tarif perdagangan untuk sektor ini.

Saham perbankan juga lebih rendah, turun 0,82 persen. Bank Italia UniCredit lebih dari 5,1 persen lebih rendah setelah laporan media Italia, tidak diverifikasi oleh CNBC, kata wakil ketua mengkonfirmasi bank tidak menjual sahamnya di Mediobanca. Pemberi pinjaman juga mulai meningkatkan modal awal dari yang direncanakan, pada 6 Februari, menurut laporan.

Perusahaan teknologi kapal Finlandia Wartsila berakhir di dekat bagian atas patokan Eropa setelah melaporkan laba yang lebih baik dari perkiraan dan pesanan baru pada kuartal terakhir.

Booker Group di atas patokan Eropa, melompat 15,9 persen. Tesco mengatakan itu membeli uang tunai dan membawa pemasok grosir untuk sekitar £ 3,7 miliar ($ 4700000000). Rantai supermarket Inggris juga ditutup lebih tinggi pada Jumat, naik lebih dari 9,2 persen. Kabar akuisisi mengirim lebih luas sektor ritel yang lebih tinggi.

Saham perusahaan telekomunikasi Denmark TDC turun lebih dari 4,4 persen pada hari Jumat setelah berita bahwa saingannya Nordic yang Telia tidak lagi membeli perusahaan karena rintangan hukum, keuangan dan politik, Reuters melaporkan.

Bank Swiss UBS melaporkan 738.000.000 franc Swiss ($ 737.300.000) dari laba bersih kuartal keempat, datang pendek dibandingkan 949 franc Swiss tahun lalu, tapi jelas menjelang perkiraan konsensus Reuters dari 339 juta franc Swiss. Sahamnya turun 4,5 persen Jumat.

BT melaporkan laba operasi dari 729 juta pound ($ 913,58) untuk kuartal ketiga. Pendapatan dilaporkan naik sebesar 32 persen. Perusahaan mengumumkan bahwa kepala divisi Eropa meninggalkan setelah skandal akuntansi yang menenggelamkan sahamnya awal pekan ini. Sahamnya mulai membalikkan tren penurunan pada hari Jumat.

Harga minyak melemah pada hari Jumat, mengupas keuntungan yang dibuat pada hari sebelumnya, karena investor mengalihkan perhatian mereka ke kenaikan produksi di AS dan menjauhkan dari komitmen OPEC dan produsen lain untuk membatasi kelebihan pasokan global.

Minyak mentah Brent diperdagangkan di sekitar $ 55,01 per barel tak lama setelah pasar Eropa tutup pada hari Jumat, turun 2,17 persen, sementara minyak mentah AS adalah sekitar $ 52,71 per barel, turun 2,01 persen.

Selain melihat beberapa laporan pendapatan perusahaan, investor juga fokus pada Washington di mana Perdana Menteri U.K. Theresa May bertemu Presiden AS Donald Trump. May mengatakan pada Kamis bahwa ia menyerukan penguatan dalam “hubungan khusus” dengan AS.

Dua pemimpin dunia lainnya bertemu hari Jumat ini. Kanselir Angela Merkel dari Jerman menerima Presiden Perancis Francois Hollande di Berlin untuk membahas masa depan Uni Eropa.

Data yang dirilis Jumat menunjukkan pinjaman kepada perusahaan dan rumah tangga bergerak lebih tinggi di zona Eropa pada akhir tahun lalu.

Sore nanti akan dirilis data Business dan Consumer Confidence, juga Services, Economic dan Industrial Sentiment Januari Zona Eropa yang diperkirakan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif jika data ekonomi terealisir positif. Juga akan mencermati laporan laba emiten, pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here