Data Ritel Jepang Mengecewakan, Yen Sesi Asia Masih Kuat

385

Tekanan profit taking dollar AS setelah mencetak penguatan dalam 2 hari berturut akhir pekan lalu memberikan kekuatan bagi yen Jepang. Selain momentum bearish dollar AS pasca anjloknya yield obligasi Amerika akhir pekan lalu, anjloknya bursa saham Jepang memberikan tambahan kekuatan bagi yen.

Namun laju yen Jepang pagi ini dibayangi oleh sentimen buruk dari rilis data ekonomi yang disampaikan Kementrian Perdagangan Jepang atau METI. Data yang dirilis yaitu data retail sales periode bulan Desember yang menunjukkan data yang menurun dari rilis data bulan sebelumnya.

Pergerakan kurs yen sesi Asia (08:50:35 WIB) bergerak positif terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih rendah  pada 114.75 di  awal  perdagangan   (00.00 GMT) bergerak konsolidasi   dan kini nilai pair bergulir  pada 114.44.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam berpotensi naik kembali  jika rilis beberapa data ekonomi AS pada sesi malam memberikan sentimen positif bagi pergerakan dollar AS. Dan sebaliknya akan bergerak turun terus jika data-data tersebut mengecewakan.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here