Optimisme Bisnis dan Konsumen Awal Tahun Zona Eropa Meningkat

576

Kebangkitan dalam bisnis dan kepercayaan konsumen zona Eropa memasuki bulan kelima pada bulan Januari. Kenaikan sentimen menambah tanda-tanda lain bahwa ekonomi zona Eropa telah membawa momentum pertumbuhan kuat jelas dalam bulan-bulan terakhir 2016 ke tahun baru.

Tapi ekonom dan pembuat kebijakan terus khawatir bahwa ketidakpastian tinggi tentang hasil pemilu di Belanda, Perancis dan Jerman dapat menyebabkan bisnis dan rumah tangga untuk menahan pengeluaran, sehingga melemahkan pemulihan yang moderat.

Sebuah survei bulanan oleh Komisi Eropa yang diterbitkan Senin (30/01) mencatat kenaikan Indikator Sentimen Ekonomi, yang mengumpulkan bisnis dan kepercayaan konsumen, untuk 108,2 dari 107,8 pada bulan Desember mencapai level tertinggi sejak Maret 2011. Itu adalah hasil yang kuat dari kenaikan ke 107.9 dari perkiraan para ekonom.

Kenaikan dalam kepercayaan bisnis dipimpin oleh industri, dengan ukuran untuk itu sektor naik menjadi 0,8 dari nol pada bulan Desember, level tertinggi sejak Juni 2011. Kepercayaan jasa juga menguat, meskipun pengecer dan perusahaan konstruksi tumbuh kurang optimis.

Ukuran nasional untuk Belanda naik, sedangkan untuk Jerman dan Perancis jatuh.

Survei tersebut juga mencatat lonjakan ekspektasi inflasi antara rumah tangga ke level tertinggi sejak Januari 2014. Itu kemungkinan akan disambut oleh Bank Sentral Eropa, yang telah memulai serangkaian program stimulus yang ditujukan untuk mengangkat inflasi ke target hanya di bawah 2 %. Tingkat tahunan inflasi 1,1% di bulan Desember, naik dari 0,6% pada bulan November.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here