Penjualan Ritel Akhir Tahun Jepang Masih Dibawah Harapan

512
indeks nikkei
Photo by Vibizmedia

Penjualan ritel Jepang naik, namun masih dibawah ekspektasi pada bulan Desember, data pemerintah menunjukkan pada hari Senin (30/01). Hasil ini menjadi berita yang tidak menyenangkan bagi Bank of Japan yang mengadakan pertemuan untuk menetapkan kebijakan moneter.

Penjualan ritel naik 0,6 persen pada Desember dari tahun sebelumnya, di bawah perkiraan pasar rata-rata untuk kenaikan 1,3 persen. Hasil tersebut juga jauh dari hasil sebelumnya pada kenaikan 1,7 persen.

japan-retail-sales-annual

Bank of Japan diperkirakan akan mengumumkan kebijakan moneter stabil setelah pertemuan dua hari Selasa dan berusaha untuk meredakan spekulasi dari penurunan awal stimulus besar-besaran.

Belanja konsumen yang lemah telah menekan ekonomi Jepang, yang telah berjuang untuk mencapai pemulihan yang stabil setelah beberapa dekade deflasi dan stagnasi.

Ekonomi Jepang diperluas untuk kuartal berturut ketiga pada bulan Juli-September karena ekspor pulih, tetapi aktivitas domestik masih lemah. Data terbaru menunjukkan harga konsumen inti Jepang turun pada laju tahunan paling lambat dalam hampir setahun, tanda tentatif bahwa inflasi dan permintaan domestik dapat naik dalam beberapa bulan mendatang.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here