Pesanan Barang Tahan Lama Akhir Tahun AS Masih Negatif, Permintaan Pentagon Menurun

503

Pesanan untuk barang tahan lama yang dibuat di AS jatuh pada bulan Desember untuk bulan kedua berturut-turut, terutama karena pemangkasan permintaan dari Pentagon.

Pesanan baru untuk barang tahan lama turun 0,4% bulan lalu, data pemerintah mengatakan Jumat (27/01). Ekonom yang disurvei MarketWatch memperkirakan kenaikan 2,2%.

united-states-durable-goods-orders

Pemesanan untuk peralatan yang berhubungan dengan pertahanan, termasuk jet dan hardware utama lainnya, menyumbang penurunan tak terduga. Pesanan juga lemah untuk logam dasar, part pabrik dan komputer.

Pesanan untuk mobil baru, misalnya, naik 2%. Dealer mobil mengakhiri tahun dengan meningkatkan penjualan, meskipun mereka juga terpaksa memberikan diskon besar untuk memikat pembeli.

Pesanan untuk pesawat komersial naik 42%, data Departemen Perdagangan menunjukkan. Pesanan pesawat sering berayun tajam dari bulan ke bulan, dan dapat mengaburkan tren dalam pengeluaran bisnis.

Jika mobil dan semua pesawat termasuk pesawat militer dihilangkan, pemesanan untuk barang tahan lama naik 0,5% pada bulan Desember. Ini peningkatan keenam dalam pesanan transportasi dikurangi.

Sebuah ukuran kunci investasi bisnis dikenal sebagai pesanan inti barang-barang modal naik 0,8%, dan meningkat pada setiap bulan dari kuartal keempat.

Itu pertanda baik untuk 2017. Pesanan ini turun 3,4% pada tahun 2016, bagian dari alasan ekonomi AS tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pengiriman barang modal inti, kategori digunakan untuk membantu menentukan produk domestik bruto, naik 1% pada bulan Desember.

Pada bulan November, pesanan barang tahan lama direvisi turun untuk menunjukkan penurunan 4,8% bukan 4,4%.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here