Optimisme Bisnis Desember Australia Naik Tertinggi 6 Bulan

429

Kondisi bisnis Australia pulih kuat pada Desember karena perusahaan melaporkan kenaikan di penjualan dan keuntungan, dalam serangkaian survei terbaru yang menunjukkan kenaikan momentum memasuki tahun baru.

Survei bulanan National Australia Bank untuk hampir 400 perusahaan menunjukkan indeks kondisi bisnis melonjak 5 poin ke 11 pada bulan Desember. Yang membawanya kembali ke level tertinggi pada pertengahan-2016 dan jauh di atas rata-rata jangka panjang dari 5.

Untuk survei kepercayaan bisnis tetap stabil di 6 pada bulan Desember.

Indeks penjualan dua kali lipat menjadi 20 pada bulan tersebut, meskipun sektor ritel masih lemah secara keseluruhan, sedangkan ukuran keuntungan naik 8 poin ke 14. Kenaikan 5 poin dalam pesanan ke depan tampaknya memberikan harapan yang baik untuk pertumbuhan lebih lanjut, sementara pekerjaan tetap stabil di bulan tersebut.

Peningkatan terbesar dalam kondisi datang di Australia Barat, tanda aktivitas mungkin stabil di wilayah pertambangan.

Riki Polygenis, kepala ekonomi NAB Australia, pembacaan sangat berhati-hati ke dalam satu angka bulanan mencerminkan sebagian pandangan bank akan perlambatan ekonomi yang akan memaksa dua pemotongan lainnya di suku bunga kemudian pada tahun 2017.

“Sebuah lonjakan kondisi bisnis bisa menunjukkan pandangan kuat, tapi kami tetap berhati-hati mengingat bahwa beberapa aspek dari survei tersebut menunjukkan rebound mungkin terbukti bersifat sementara,” kata Polygenis.

Dia mencatat ada belum menjadi banyak bukti dari pemulihan investasi bisnis di luar pertambangan.

Reserve Bank of Australia (RBA) baru-baru ini telah optimis pada prospek ekonomi dan mengecilkan perlunya pelonggaran lebih lanjut, karena telah menurunkan suku pada bulan Agustus dan Mei.

Beberapa survei lain dari bisnis dari Australia Industry Group juga telah menemukan peningkatan yang nyata dalam aktivitas pada bulan Desember dengan manufaktur di puncak lima bulan.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here