Optimisme Konsumen Inggris Naik Tipis di Awal Tahun

498

Konsumen Inggris sedikit berubah pada bulan Januari tapi ada tanda-tanda bahwa mereka mungkin mulai kembali melakukan pengeluaran seperti tahun lalu Brexit orang mendorong inflasi, sebuah survei yang diterbitkan pada Selasa (31/01).

Indeks sentimen konsumen bulanan perusahaan riset pasar GfK naik tipis ke -5 pada Januari dari -7 pada bulan Desember, lebih tinggi dari perkiraan median dari -8 dalam jajak pendapat ekonom Reuters.

united-kingdom-consumer-confidence

Tapi terjadi penurunan untuk pembelian besar di kalangan konsumen, yang merosot ke 10 dari 12 pada bulan Desember. Hal ini bisa menjadi pendahuluan dari belanja konsumen lebih lambat tahun ini, Joe Staton, kepala dinamika pasar di GfK mengatakan.

Pada bulan Desember, GfK mengukur terjadi lompatan besar dalam kesediaan rumah tangga untuk melakukan pembelian besar. Bank of England mengatakan konsumen mungkin telah dibawa ke depan pembelian besar untuk mengantisipasi kenaikan harga pada 2017.

“Meningkatnya inflasi dan pertumbuhan pendapatan yang lemah diperkirakan untuk menekan pendapatan rumah tangga, dan dua faktor ini bisa berkonspirasi untuk menekan kepercayaan untuk tahun depan,” kata Staton, Selasa.

GfK mengatakan survei menunjukkan rumah tangga tetap yang paling pesimis tentang ekonomi selama 12 bulan ke depan sejak setelah Brexit pada bulan Juni.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here