Produksi Industri Akhir Tahun Jepang Naik Diatas Perkiraan

531

Produksi pabrik Jepang naik untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan Desember, demikian rilis Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) pada hari Selasa (31/01).

Produksi industri naik 0,5 persen pada Desember dari bulan sebelumnya, data pemerintah awal menunjukkan Selasa. Naik dibandingkan dengan perkiraan pasar rata-rata untuk kenaikan 0,3 persen.

japan-industrial-production-mom

Produsen yang disurvei oleh Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) mengharapkan produksi naik 3,0 persen pada bulan Januari dan meningkat 0,8 persen pada Februari.

Secara tahunan, produksi industri naik 3,0% – sesuai dengan harapan dan turun dari 4,6% pada bulan sebelumnya.

Setelah rilis data, METI mempertahankan penilaian produksi industri.

Industri yang mengalami peningkatan produksi adalah peralatan transportasi, bahan kimia dan komponen elektronik. Sedangkan industri yang mengalami penurunan produksi adalah peralatan komunikasi dan mesin berorientasi bisnis.

Pengiriman turun 0,3% dari bulan sebelumnya dan naik 2,4% pada tahunan.

Industri yang mengalami peningkatan pengiriman adalah peralatan transportasi, peralatan komunikasi dan besi dan baja. Sedangkan industri yang mengalami penurunan pengiriman yang bagian elektronik, kimia dan keramik.

Persediaan naik 0,2% dari bulan sebelumnya dan turun 5,0% pada tahun.

Industri yang mengalami peningkatan persediaan yaitu mesin listrik, besi dan produk baja dan minyak bumi. Industri yang mengalami penurunan persediaan yaitu peralatan transportasi, bahan kimia dan keramik.

Industri diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kenaikan pada bulan Januari termasuk yang berorientasi bisnis mesin, komponen elektronik dan peralatan komunikasi.

Industri diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kenaikan pada bulan Februari termasuk peralatan transportasi, komponen elektronik dan bahan kimia.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here