Ekspor Awal Tahun Korea Selatan Melompat 11 Persen

611

Ekspor Korea Selatan naik 11,2 persen pada Januari dari tahun sebelumnya pada penjualan luar negeri cepat dari semikonduktor dan petrokimia, pemerintah mengatakan Rabu (01/02).

Pengiriman Outbound datang ke $ 40,3 miliar bulan lalu, naik dari $ 36,2 miliar dihitung setahun sebelumnya, menurut Departemen Perdagangan, Industri dan Energi.

Ini adalah pertama kalinya sejak Januari 2013 ekspor negara ini telah mencatat pertumbuhan dua digit. Juga untuk pertama kalinya dalam 33 bulan, ekspor diperluas selama tiga bulan berturut-turut.

Kemajuan didorong oleh kenaikan ekspor barang industri kunci, seperti semikonduktor dan petrokimia, kata kementerian itu.

Ekspor semikonduktor mencapai semua waktu tinggi $ 6,41 miliar pada bulan Januari, sedangkan penjualan di luar negeri dari petrokimia datang ke $ 3,52 miliar, yang terbesar sejak Desember 2014.

Menurut wilayah, ekspor Korea Selatan ke Tiongkok naik 13,5 persen pada tahun bulan lalu, menandai pertama pertumbuhan dua digit dalam 41 bulan.

Departemen Perdagangan mengatakan ekspor telah mencapai pemulihan yang stabil karena mereka telah tumbuh untuk bulan ketiga berturut-turut sejak November tahun lalu. Hal ini juga mencatat bahwa perbaikan struktur ekspor bangsa seperti produk ekspor, pasar dan metode tampaknya secara bertahap terlihat.

Menteri Keuangan Yoo Il-ho berjanji untuk melakukan upaya terbaik untuk memastikan bahwa ekspor bisa menopang perekonomian terbesar keempat di Asia tahun ini. Di Korea Selatan, ekspor mencapai sekitar setengah dari produk domestik bruto.

“Kami akan mencari langkah-langkah dukungan yang disesuaikan” terhadap meningkatkan ekspor, Yoo mengatakan dalam pertemuan dengan para pejabat di Seoul.

Namun, dia mengakui kesulitan yang dihadapi ekonomi Korea Selatan, mengutip ketidakpastian kebijakan di pemerintahan Trump, “Hard Brexit” Inggris serta peluncuran rudal mungkin oleh Korea Utara.

Impor diperluas 18,6 persen pada tahun untuk $ 37,1 miliar pada bulan Januari.

Surplus perdagangan bulan Januari sampai $ 3,2 miliar menandai bulan ke-60 berturut-turut surplus.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here