Pertumbuhan Ekonomi Q4 Zona Eropa Meningkat

446

Perkiraan awal untuk GDP Zona Eropa untuk kuartal keempat 2016 mencatat pertumbuhan 0,5% dari revisi 0,4% pada kuartal ketiga dan perkiraan konsensus 0,4%.

Ini adalah tingkat pertumbuhan triwulanan tercepat sejak tiga bulan pertama 2016.

euro-area-gdp-growth

Tingkat pertumbuhan tahun-ke-tahun pada 1,8% adalah sedikit di atas harapan 1,7% dan tidak berubah dari tingkat sebelumnya, yang semula dilaporkan sebesar 1,7%. Untuk 2016 secara keseluruhan, pertumbuhan PDB 1,7% dan tidak ada perubahan lebih lanjut dalam rilis data flash dengan rincian lebih lanjut yang dirilis di kemudian hari.

euro-area-gdp-growth-annual

Data akan mempertahankan harapan lebih tegas tren pertumbuhan dalam jangka pendek zona Eropa, terutama dengan kekuatan lebih lanjut dalam ekonomi Jerman. Masih akan ada kekhawatiran apakah perbaikan akan berkelanjutan memberikan terus-menerus kekhawatiran struktural dan juga akan ada kegelisahan lanjut sekitar perbedaan antara negara-negara kecuali ada data jauh lebih kuat dari negara-negara seperti Italia.

Dalam konteks ini, tekanan politik yang mendasari masih akan fokus dalam jangka pendek dengan fokus khusus pada Perancis, yang akan mengadakan pemilihan presiden pada bulan April dan Mei tahun ini. Data kuat GDP Perancis bisa menjadi penting dalam mengurangi tekanan populis.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here