Pertumbuhan Manufaktur Awal Tahun Tiongkok Melambat, Pertumbuhan Jasa Meningkat

605

Indeks manufaktur resmi Purchasing Managers’ Index (PMI) menunjukkan sektor industri terus berkembang pada Januari dan lebih cepat dari yang diharapkan, karena ekonomi daratan menunjukkan tanda-tanda stabilisasi.

PMI manufaktur datang di 51,3 pada bulan Januari, sedikit turun dari 51,4 pada bulan Desember, tapi masih lebih baik daripada perkiraan jajak pendapat Reuters dari 51,2.

china-business-confidence

Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi, sementara pembacaan di bawah merupakan sinyal kontraksi.

Angka-angka resmi cenderung berfokus pada perusahaan yang lebih besar. Cina Caixin PMI pribadi, yang berfokus pada perusahaan-perusahaan kecil dan menengah, akan diumumkan 3 Februari bersamaan dengan pasar di Tiongkok dibuka setelah libur Tahun Baru Imlek.

PMI non-manufaktur resmi, yang mengambil pembacaan pada sektor jasa, naik ke 54,6 pada Januari dari 54,5 pada bulan Desember.

china-non-manufacturing-pmi

Analis menyatakan bahwa percepatan dalam aktivitas sektor jasa mengimbangi perlambatan di sektor konstruksi, yang telah terpukul oleh pendinginan pasar properti dan penurunan dukungan fiskal, dengan demikian pemulihan baru-baru ini di Tiongkok tampaknya sebagian besar tetap utuh untuk saat ini.

Saat data PMI manufaktur cenderung lebih diawasi ketat, poros Tiongkok terhadap konsumsi domestik dan menjauhkan dari pertumbuhan manufaktur dan investasi berarti sektor jasa, yang meliputi industri konsumen seperti real estate, ritel dan rekreasi, telah menjadi mayoritas ekonomi daratan.

Ini juga merupakan barometer kunci dari konsumsi, yang menyumbang lebih dari 50 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Angka-angka mungkin mengisyaratkan bahwa pertumbuhan ekonomi Tiongkok stabil. Kekhawatiran kesehatan ekonomi daratan, seperti utang sektor swasta telah melonjak bahkan sebagai jumlah pertumbuhan dari tambahan utang telah menurun.

Tetapi ekonomi dalam beberapa bulan terakhir telah menerima dorongan dari kenaikan di sektor properti.

Produk domestik bruto (PDB) Tiongkok tumbuh 6,8 persen pada tahun pada kuartal keempat, sedikit mengalahkan ekspektasi dan sinyal pertumbuhan yang stabil. Untuk setahun penuh, perekonomian Tiongkok tumbuh 6,7 persen.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here