Pertumbuhan Manufaktur Januari Jerman Naik Tertinggi 3 Tahun

628

Pertumbuhan manufaktur Jerman dipercepat untuk kecepatan tertinggi dalam tiga tahun pada bulan Januari, sebuah survei menunjukkan pada hari Rabu (01/02), meningkatkan harapan bahwa manufaktur akan memberikan kontribusi untuk ekspansi dalam perekonomian terbesar di Eropa pada awal 2017.

Indeks Pembelian Manajer Markit (PMI) untuk manufaktur, yang menyumbang sekitar seperlima dari ekonomi, naik menjadi 56,4 dari 55,6 pada bulan Desember.

germany-manufacturing-pmi

Ini merupakan level tertinggi sejak Januari 2014 dan di atas 50 garis yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi untuk 26 bulan berturut-turut. Angka terakhir itu hanya satu tingkat di bawah pembacaan awal yang dikeluarkan pada akhir Januari.

“Sektor manufaktur Jerman memmulai 2017 dalam banyak cara yang sama dengan yang selesai tahun 2016, dengan percepatan pertumbuhan,” kata ekonom IHS Markit Philip Leake.

“Kinerja mengesankan Sektor ini menjadi pertanda baik untuk pertumbuhan PDB pada kuartal pertama, membangun ekspansi terkuat dalam lima tahun di 2016 secara keseluruhan.”

Produsen menikmati permintaan dari klien baik dalam dan luar negeri pada Januari meningkat, survei menunjukkan, dengan pesanan baru naik pada tingkat tercepat dalam tiga tahun.

Keseluruhan kinerja yang solid sektor itu juga didukung oleh penciptaan lapangan kerja yang luar biasa kuat sebagai pabrik mempekerjakan staf baru pada tingkat tertinggi sejak Agustus 2011.

Tingkat inflasi biaya dipercepat tajam, dengan harga input naik pada tercepat sejak Mei 2011 dan perusahaan mengutip biaya yang lebih tinggi untuk komoditas, baja, minyak dan energi.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here