Pertumbuhan Manufaktur Januari Zona Eropa Raih Rekor Tertinggi 69 Bulan

674

Aktivitas manufaktur di zona euro menggebrak tahun baru dengan naik tinggi 69-bulan, menurut data yang dirilis pada hari Rabu (01/02).

Indeks pembelian manajer akhir Markit dicetak di 55,2 pada Januari, naik dari estimasi flash 55.1 dan pembacaan bulan Desember dari 54,9.

euro-area-manufacturing-pmi

Pertumbuhan tercepat di Austria, Belanda dan Jerman, sedangkan laju peningkatan kondisi bisnis mencapai rekor 70-bulan di Austria, tiga tahun tinggi di Jerman dan tetap meningkat di Belanda meskipun pelonggaran ke terendah tiga bulan.

Pertumbuhan yang kuat juga mengisyaratkan di Spanyol, di mana PMI mencapai 20 bulan tinggi. Sementara itu, baru-baru ini meningkatkan kinerja terbaru dari Perancis terus mengumpulkan kecepatan, dengan PMI naik ke tertinggi 68-bulan. Sebaliknya, penurunan di Yunani dipercepat, dengan PMI ada turun ke level terendah 16-bulan pada 46,6.

Chris Williamson, ekonom bisnis utama di IHS Markit, mengatakan: “Manufaktur zona Eropa adalah awal yang kuat untuk tahun ini, menikmati tingkat tercepat ekspansi selama hampir enam tahun pada Januari. Tingkat pertumbuhan pesanan baru, ekspor dan kesempatan kerja telah semua mencapai tertinggi multi-tahun, dengan depresiasi euro memainkan peran kunci dalam membantu mendorong penjualan baru di pasar ekspor.

“Optimisme tentang tahun depan telah meningkat ke level tertinggi sejak krisis utang di kawasan itu, menunjukkan perusahaan yang mempertahankan suasana optimis meskipun ketidakpastian politik meningkat disebabkan oleh Brexit dan pemilu di Belanda, Perancis dan Jerman.”

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here