The Fed AS Pertahankan Suku Bunga Tidak Berubah; Belum Ada Sinyal Kenaikan Maret

881

Pada pertemuan kebijakan terbaru, Rabu (01/02), Komite Federal Reserve Pasar Terbuka (FOMC) mempertahankan suku bunga ditahan di kisaran 0,50-0,75%, yang sejalan dengan ekspektasi konsensus. Pemungutan suara bulat tanpa keberatan dari anggota.

Dalam pernyataannya, FOMC tetap percaya diri dalam prospek dengan keuntungan pekerjaan yang tetap mantap sementara tingkat pengangguran berada di dekat terendah baru-baru ini. Langkah-langkah dari konsumen dan sentimen bisnis telah membaik akhir-akhir ini, tapi investasi tetap tetap lemah.

Inflasi telah meningkat selama beberapa kuartal terakhir, tapi masih di bawah tujuan. Secara keseluruhan, diharapkan akan meningkat menjadi 2% dalam jangka menengah. Namun demikian, mengingat inflasi masih dibawah 2%, Komite akan hati-hati memantau kemajuan aktual dan diharapkan menuju tujuan inflasi.

Menurut FOMC, risiko jangka pendek untuk ekonomi muncul kira-kira seimbang.

FOMC menyatakan akan mempertimbangkan berbagai informasi termasuk langkah-langkah dari kondisi pasar tenaga kerja, indikator tekanan inflasi dan ekspektasi inflasi, bersama-sama dengan perkembangan keuangan dan internasional.

Pernyataan itu secara luas sejalan dengan harapan, tapi ada beberapa kejutan bahwa FOMC tidak lebih optimis terhadap tren inflasi, terutama mengingat bukti terbaru dari tekanan kenaikan harga. Juga tidak ada referensi untuk pertumbuhan pendapatan yang lebih tinggi dan tidak ada petunjuk bahwa suku bunga dapat ditingkatkan pada pertemuan Maret.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here