Pekerjaan AS Mixed : NFP AS Meningkat, Pengangguran Naik, Pertumbuhan Upah Lemah

614

Pertumbuhan pekerjaan AS melonjak lebih dari yang diharapkan pada bulan Januari sebagai perusahaan konstruksi dan pengecer menggenjot rekrutmen.

Nonfarm payrolls meningkat sebesar 227.000 pekerjaan, keuntungan terbesar dalam empat bulan, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada hari Jumat. Namun tingkat pengangguran naik menjadi 4,8 persen dan upah meningkat hanya tiga sen, menunjukkan bahwa masih ada beberapa pelemahan di pasar tenaga kerja.

Namun, pengetatan pasar tenaga kerja diharapkan segera memacu pertumbuhan upah yang lebih cepat. Pejabat Federal Reserve melihat pasar pekerjaan mendekati kesempatan kerja penuh.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan payrolls naik 175.000 bulan lalu dan tingkat pengangguran tidak berubah pada 4,7 persen. Ekonomi menciptakan 39.000 pekerjaan lebih sedikit pada bulan November dan Desember dari yang dilaporkan sebelumnya.

Presiden AS Donald Trump berjanji selama kampanye pemilu tahun lalu untuk memberikan 4 persen pertumbuhan produk domestik bruto tahunan, sebagian besar di belakang rencana untuk memotong pajak, mengurangi peraturan, meningkatkan belanja infrastruktur dan negosiasi ulang kesepakatan perdagangan yang mendukung Amerika Serikat.

Meskipun rincian dari usulan kebijakan tetap samar, optimisme konsumen dan bisnis telah melonjak dibangun dari kemenangan pemilu Trump November lalu.

Penghasilan per jam rata-rata naik 0,1 persen bulan lalu, di bawah ekspektasi untuk kenaikan 0,3 persen. Kenaikan upah bulan Desember direvisi turun menjadi 0,2 persen dari sebelumnya dilaporkan meningkat 0,4 persen.

Ada penurunan besar dalam pendapatan di sektor keuangan bulan lalu, yang mungkin mengimbangi kenaikan upah minimum yang diberlakukan di 19 negara bagian pada bulan Januari. Kenaikan kecil menurunkan peningkatan dari tahun ke tahun pendapatan menjadi 2,5 persen dari 2,8 persen pada Desember.

Para ekonom mengatakan tingkat pertumbuhan antara 3 dan 3,5 persen pada upah diperlukan untuk mengangkat inflasi dengan target 2 persen Fed. Pertumbuhan upah lamban, jika terus berlanjut, akan menyarankan sedikit urgensi dari Fed untuk mengetatkan kebijakan moneter.

Laju kenaikan suku bunga akan, mungkin tergantung pada seberapa banyak inflasi yang dihasilkan dari langkah-langkah yang diusulkan Trump untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Bank sentral AS, yang menaikkan suku pada bulan Desember, telah meramalkan tiga kenaikan tarif tahun ini.

Sebuah survei Reuters, Jumat terhadap bank yang melakukan bisnis secara langsung dengan Fed menunjukkan perusahaan-perusahaan Wall Street diharapkan hanya dua kenaikan suku bunga tahun ini.

Pemerintah mengatakan tingkat kesempatan kerja pada bulan Maret tahun lalu adalah 60.000 lebih rendah daripada yang dilaporkan. Sebagai pasar tenaga kerja mendekati full employment, lapangan pekerja menyusut, yang memperlambat pertumbuhan pekerjaan.

Tingkat partisipasi angkatan kerja, atau pangsa usia kerja Amerika yang dipekerjakan atau setidaknya mencari pekerjaan, berada di 62,9 persen pada Januari, level tertinggi sejak September. Rasio kerja-untuk-populasi berada di 59,9 persen bulan lalu, level tertinggi sejak Maret 2016.

Sebuah ukuran luas pengangguran yang mencakup orang-orang yang ingin bekerja tetapi telah menyerah mencari dan mereka yang bekerja paruh waktu karena mereka tidak dapat menemukan pekerjaan penuh-waktu naik dua persepuluh persen poin menjadi 9,4 persen bulan lalu.

Hampir semua sektor perekonomian menambahkan pekerjaan pada bulan Januari. Manufaktur payrolls naik 5.000 pekerjaan, naik untuk bulan kedua berturut-turut. Keuntungan yang sebagian besar di pabrik yang membuat mesin, produk mineral non logam, peralatan transportasi, makanan dan furnitur.

Kerja konstruksi melonjak 36.000, kenaikan terbesar sejak Maret, kemungkinan didorong oleh cuaca hangat. Sektor perumahan memimpin keuntungan pekerjaan konstruksi.

Payrolls ritel, mengejutkan melonjak 45.900, kenaikan terbesar sejak Februari. Pengecer, termasuk Macy , Sears , American Apparel dan Abercrombie & Fitch mengumumkan pemotongan pekerjaan pada bulan Januari di tengah penutupan toko.

Penjualan department store pengecer online sedang melemah, yang dipimpin oleh Amazon.com.

Pekerjaan di sektor keuangan meningkat 32.000 pekerjaan bulan lalu, sebuah akselerasi dari kenaikan 23.000 bulan Desember. Tapi rata-rata penghasilan per jam turun 1,0 persen.

Kerja pemerintah turun untuk bulan keempat berturut-turut pada bulan Januari. Penurunan lebih lanjut mungkin setelah pemerintahan Trump menegaskan pembekuan mempekerjakan pekerja pemerintah federal sipil pada 22 Januari.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here