Bursa Eropa Merosot Terganjal Kekuatiran Politik Eropa dan AS

576

Pasar Saham Eropa ditutup lebih rendah pada perdagangan Senin (06/02) terpicu kekhawatiran investor di tengah ketidakstabilan politik di Perancis dan AS.

Indeks FTSE berakhir lemah 7.172,15, turun -16,15 poin atau -0,22%

Indeks DAX berakhir lemah 11.509,84, turun -141,65 poin atau -1,22%

Indeks CAC berakhir lemah 4.778,08, turun -47,34 poin atau -0,98%

Indeks IBEX 35 berakhir lemah 9.357,30, turun -105,40 poin atau -1,11%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 berakhir 0,68 persen lebih rendah dengan hampir semua sektor dan bursa utama di wilayah negatif.

Sektor otomotif adalah sektor berkinerja terburuk pada hari Senin, turun lebih dari 1,4 persen, meskipun data sebelumnya yang menunjukkan bahwa penjualan mobil naik 2,9 persen pada Januari di Inggris, tingkat tertinggi sejak tahun 2005. Bank of America memperingatkan Senin bahwa margin keuntungan bisa turun akibat Brexit dan ketidakpastian atas kebijakan pajak Trump.

Imbal hasil obligasi 10-tahun Prancis melonjak ke tertinggi 17-bulan setelah meningkatnya ketidakpastian politik atas hasil pemilihan Presiden mendatang. Calon presiden Francois Fillon mengatakan kepada pendukungnya ia akan terus berjuang mengatasi tuduhan skandal politik, Senin. Dia telah menghadapi panggilan dari dalam partainya sendiri untuk mundur, namun bersikeras bahwa tidak ada yang dia sembunyikan.

Sektor sumber daya dasar beringsut lebih rendah pada hari Senin setelah berita laba. Bisnis pertambangan emas Randgold Resources berakhir sebagai salah satu pemain terbaik di benchmark Eropa, naik lebih dari 4,1 persen setelah melaporkan peningkatan 76 persen dalam laba kuartal keempat. Glencore telah dilaporkan memperpanjang kesepakatan dengan perusahaan minyak negara Libya untuk memastikan itu adalah satu-satunya pemasar untuk satu-sepertiga dari produksi minyak mentah saat ini di negara itu, Reuters melaporkan.

Perusahaan Swiss DKSH ditutup 8,8 persen lebih tinggi setelah melaporkan kenaikan 4,5 persen dalam penjualan tahun penuh.

Ryanair mengatakan Senin bahwa rata-rata tarif turun di kuartal terakhir 2016, tapi dijamin bahwa itu masih di jalur untuk memberikan peningkatan keuntungan tahunan. Namun saham turun lebih dari 3,7 persen.

Swedia Hexagon ditutup 1,2 persen lebih rendah setelah hasil kuartal keempat lemah. Reuters melaporkan bahwa perusahaan sedang mempertimbangkan dua nama baru untuk ketua dan wakil ketua.

Di Italia, UniCredit telah mulai cash call 13000000000 € ($ 14 miliar). Namun, sahamnya ditutup di bawah patokan Eropa, turun lebih dari 6,8 persen. Sementara itu, perusahaan asuransi Italia Generali mengadakan pertemuan hari Senin untuk memutuskan sahamnya dari Intesa Sanpaolo. Ketidakpastian mengirim sahamnya turun 2,3 persen.

Kembali di Inggris, Barclays dilaporkan menerapkan aturan back office baru untuk mengatasi aturan baru. Saham berakhir 0,6 persen lebih rendah.

Lebih dari setengah, 58 persen, dari pemimpin 500 perusahaan U.K.-terdaftar terbesar mengatakan keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa (UE) telah memiliki dampak negatif pada bisnis mereka, menurut sebuah jajak pendapat yang dirilis Minggu.

Di tempat lain, Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi menolak klaim bahwa Jerman atau ECB adalah manipulator mata uang. Draghi mengatakan kepada para politisi Eropa keputusan kebijakan moneter blok itu mencerminkan “diverse state of the cycle of the euro zone and the United States.”

Data manufaktur Jerman menunjukkan Senin bahwa pesanan industri melonjak 5,2 persen pada Desember.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here