Bursa Eropa 8 Februari Bergerak Naik Terdorong Optimisme Laba Emiten

483

Bursa Saham Eropa diperdagangan sebagian besar lebih tinggi pada Rabu (08/02), dengan investor optimis mencermati laporan laba emiten.

Indeks FTSE bergerak pada 7.178,07, turun -8,15 poin atau -0,11%

Indeks DAX bergerak pada 11.558,99, naik 9,55 poin atau 0,08%

Indeks CAC bergerak pada 4.777,36, naik 22,89 poin atau 0,48%

Indeks IBEX 35 bergerak pada 9.359,30, naik 27,80 poin atau 0,30%

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 adalah 0,4 persen lebih tinggi dengan sebagian besar sektor perdagangan yang positif.

Saham konstruksi dan bahan memimpin sesi pertengahan pagi, lebih tinggi hampir 1,5 persen, pada pendapatan. Vinci memperkirakan pendapatan dan keuntungan yang lebih tinggi untuk tahun ini pada harapan kemajuan dalam konstruksi di pasar Prancis. sahamnya lebih tinggi pada Rabu, naik hampir 5 persen.

Sektor wisata juga lebih tinggi pada Rabu, karena harga minyak bergerak lebih rendah. Jerman Lufthansa naik hampir 4 persen setelah upgrade dari Societe Generale.

Ketidakpastian politik di Eropa dan Amerika terus mendominasi pasar dengan investor bergegas untuk emas dan tekanan pada euro. Namun, laporan penghasilan adalah penggerak pasar utama pada hari Rabu pagi.

Norwegia Storebrand mencapai puncak patokan Eropa, naik hampir 6 persen setelah melaporkan pembayaran dividen pertama dalam enam tahun. Di sisi lain, Moller-Maersk berada di bawah benchmark, turun hampir 6 persen, setelah memotong dividen dan membukukan kerugian yang lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Perusahaan perawatan kesehatan Sanofi mengatakan Rabu bahwa laba bersih kuartal keempat lebih dari dua kali lipat berkat menurunkan amortisasi dan restrukturisasi biaya. Namun, menyoroti lemahnya 2017.

Perusahaan U.K. Rio Tinto melaporkan laba setahun penuh dari $ 4620000000, kembali ke keuntungan berkat pemulihan di komoditas. Sahamnya naik 1,3 persen pada hari Rabu pagi.

Perusahaan Kemasan Smurfit Kappa melaporkan penurunan 19 persen laba sebelum pajak pada kuartal keempat, namun sahamnya naik 3,4 persen dengan dividen meningkat sebesar 20 persen.

Perusahaan teknik Swiss ABB mengatakan Rabu bahwa laba kuartal keempat naik menjadi $ 489.000.000 dari tahun lalu, pendapatan yang lebih rendah. Sahamnya bergerak 2 persen lebih rendah.

Perusahaan Swiss Syngenta melaporkan laba bersih sebesar $ 1178000000 pada tahun 2016, yang mengirim saham sedikit lebih tinggi pada Rabu pagi.

Dalam berita perusahaan lain, Fiat Chrysler tidak mengambil tes emisi kunci selama penyelidikan di Italia, Reuters melaporkan pada hari Rabu. Juga, kepala unit investasi perbankan Deutsche Bank Jeffrey Urwin diatur untuk meninggalkan, menurut Wall Street Journal.

Harga minyak bergerak lebih rendah pada Rabu setelah data menunjukkan persediaan minyak mentah dan bensin AS melonjak, sementara permintaan minyak di Tiongkok terhenti.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa untuk perdagangan selanjutnya akan mencernati laporan laba emiten, data ekonomi, pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center 
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here