Bursa Hong Kong 8 Februari Ditutup Naik Terbantu Kinerja Saham Property dan Keuangan

406
indeks hang seng

Di akhir perdagangan bursa Hong Kong Rabu (08/02), indeks Hang Seng ditutup naik 153,56 poin, atau 0,66 persen pada 23485.13. Bursa Saham Hong Kong menghapus kerugian awal dan ditutup di tertinggi 3,5 bulan pada hari Rabu, didorong oleh kinerja positif saham pengembang properti dan broker Tiongkok.

Indeks pelacakan saham real estate daratan menambahkan 5,6 persen, membukukann keuntungan terbaik satu hari dalam 11 bulan.

Pengembang kelas berat China Vanke Co Ltd melonjak 3,8 persen setelah melaporkan penjualan Januari tumbuh hampir 90 persen, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sentimen juga terangkat oleh meningkatnya aliran modal dari investor di Tiongkok.

Lebih dari 14 persen dari kuota harian di Bursa Connect Shanghai-Hong Kong digunakan pada Rabu, dibandingkan dengan 20 persen pada Selasa dan rata-rata hampir 11 persen pada Januari.

Sektor keuangan naik 1,1 persen ke level tertinggi sejak September lalu, dan penutupan tertinggi sejak akhir tahun 2015, berkat kekuatan di broker daratan Tiongkok setelah mereka menerbitkan hasil yang beragam untuk Januari.

Saham Guotai Junan International Holdings Ltd dan Haitong Securities International Group Ltd menguat masing-masing 4,6 persen dan 6,7 persen.

Sebagian besar sektor menguat, namun saham energi meluncur karena harga minyak memperpanjang kerugian Selasa setelah Amerika Serikat melaporkan peningkatan persediaan minyak mentah.

Malam ini akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan oleh EIA, yang diindikasikan terjadi penurunan persediaan. Jika terealisir akan menguatkan bursa Wall Street.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, indeks Hang Seng akan bergerak naik jika bursa Wall Street terealisir positif.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here