Bursa Shanghai 8 Februari Berakhir Naik Terdukung Kinerja Saham Keuangan

435
indeks shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (08/02), indeks Shanghai berakhir naik 14,35 poin, atau 0,46 persen, ke 3,167.44. Bursa Saham Shanghai naik ke dekat satu bulan pada Rabu, karena rally kuat di saham keuangan menghapus kekhawatiran awal yang berasal dari data yang menunjukkan cadangan devisa negara turun di bawah tingkat psikologis.

Cadangan devisa Tiongkok secara mengejutkan jatuh di bawah tingkat kunci $ 3 triliun pada bulan Januari untuk pertama kalinya dalam hampir enam tahun, bahkan saat pemerintah Beijing berusaha untuk mengekang arus keluar dengan memperketat kontrol modal.

Cadangan devisa turun $ 12,3 miliar pada bulan Januari menjadi $ 2,998 triliun, dibandingkan dengan $ 41 miliar penurunan pada bulan Desember.

Lihat : Cadangan Devisa Awal Tahun Tiongkok Turun Dibawah $ 3 Triliun

Sentimen bearish pada awal perdagangan berbalik membaik, dengan beberapa investor berfokus pada penurunan cadangan bulanan yang terkecil dalam tujuh bulan, menandakan bahwa kontrol modal ketat memberikan perubahan.

Sementara itu, media pemerintah mengatakan pasar keuangan Tiongkok seharusnya tidak terlalu sensitif terhadap perubahan ukuran cadangan devisa.

Sebagian besar sektor menguat, keuntungan dipimpin oleh rally kuat pada saham perusahaan broker, setelah mereka menerbitkan hasil yang beragam untuk Januari. The CSI SWS Securities Index maju 1,84 persen. First Capital Securities melewati batas perdagangan 10 persen di hari terbaik sejak 28 Juni 2016.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif dengan optimisme ekonomi. Namun kekuatiran politik di AS dan Eropa bisa mempengaruhi pergerakan bursa.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here