Kondisi Pilpres Perancis Jatuhkan Euro Cukup Parah

647

Tahun 2017 merupakan tahun bagi negara-negara ekonomi besar menghadapi cobaan dari kondisi politik dalam negeri khususnya dalam momentum pemilu yang negara tersebut adakan. Dan bagi kawasan Euro, hal tersebut diawali di negara Perancis yang akan mengadakan pilpres 2 putaran memberatkan ekonomi kawasan tersebut.

Pekan ini saja utang Perancis terhadap obligasi Jerman naik ke posisi tertinggi dalam 4 tahun akibat ketidakpastian kondisi politik pasca terbongkarnya banyak kasus dari calon Presiden negara tersebut. Dan beberapa media setempat baru-baru ini mengungkap kasus dari salah calon dan hal tersebut memberatkan pasar untuk mengkoleksi euro.

Euro anjlok parah terhadap banyak rival utamanya dalam 2 hari berturut pekan ini menerima sentimen negatif dari kondisi politik Perancis. Tidak hanya terhadap dollar AS dalam pair EURUSD juga anjlok dalam pair EURGBP dan EURJPY.

Mengakhiri perdagangan forex hari kedua pekan ini, euro anjlok ke posisi terendah 7 hari terhadap dollar AS dan anjlok ke posisi terendah dalam 4 hari terhadap poundsterling. Paling parah terhadap yen Jepang hingga ke posisi terendah dalam 3 bulan.Terhadap dollar AS, pair EURUSD anjlok ke posisi 1.0682 setelah dibuka pada posisi 1.0749 dan sempat mencapai posisi terendah di 1.0654.

H Bara/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here