Kekuatan Dollar AS Sesi Eropa Ambruk Lagi

838

Dollar AS yang bergerak kuat sejak perdagangan sesi Asia hari Kamis (9/2) hingga masuki sesi Eropa terpangkas sangat kuat seiring naiknya imbal hasil obligasi negara-negara besar seperti Jerman, Tiongkok dan Jepang. Kenaikan yield obligasi negara-negara tersebut membuat laju kuat rival-rivalnya khususnya kurs kawasan Eropa.

Sebelumnya dollar AS alami profit taking yang cukup besar setelah perdagangan sesi Amerika semalam yield obligasi negara tersebut jatuh cukup parah hingga ke posisi terendah dalam 3 pekan. Sentimen negatif datang dari kondisi politik Amerika Serikat yang kurang nyaman bagi kondisi ekonomi negara tersebut.

Untuk pergerakan selanjutnya, dollar AS dikhawatirkan menerima pukulan dari rilis data klaim pengangguran negara Amerika yang diperkirakan menunjukkan data yang meningkat dari periode sebelumnya atau memberikan sinyal negatif.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama di tengah perdagangan sesi Eropa turun ke posisi 100.17 setelah dibuka lebih tinggi pada posisi 100.18 dan sudah menyentuh posisi tertinggi di 100,43.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here